,

Pesantren PEDAS, Inovasi Rohis Gibraltar

 

SELASA, 12 Ramadhan 1430 H. Seperti biasanya, para siswa SMA Al-Muttaqin berkumpul di ruang aula untuk melaksanakan Shalat Duha berjama’ah dan tadarus Al-Qur’an bersama. Namun setelah Shalat Duha, ada yang berbeda terasa di lingkungan SMA Al-Muttaqin. Jika biasanya mereka semua langsung menuju kelas masing-masing untuk melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar sesuai jadwal dari dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya, kali ini mereka dipersilahkan untuk diam dulu di ruang aula, untuk mengikuti kegiatan pembukaan Pesantren PEDAS yang diselenggarakan tim kesolehan SMA Al-Muttaqin beserta ROHIS Gibraltar SMA Al-Muttaqin.

Kegiatan PEDAS (Pekan Ekspresi, Diskusi dan Aspirasi Siswa) adalah inovasi dari Rohis Gibraltar untuk membuat sebuah suasana baru bagi pesantren Ramadhan di SMA Al-Muttaqin.  Kegiatan Pesantren PEDAS ini dilaksanakan tanggal 12 hingga 19 Ramadhan 1430 H. Waktu itu memang sengaja dialokasikan sekolah untuk kegiatan Rohani sesuai inovasi dari siswa. Dalam hal ini, Rohis-lah yang bertanggung jawab.

Untuk program Pesantren PEDAS itu sendiri tidak seperti Pesantren biasa. “Jadi tidak hanya pesantren mendengarkan ceramah saja.. Di sini kita punya berbagai program inovasi untuk membuat suasana Pesantren yang ‘beda’ dari pesantren biasanya..” ucap RR Rizqi Cahyamuthya, Wakil Ketua Pelaksana Kegiatan Pesantren PEDAS ini. “Di hari biasa, akan ada diskusi kelompok antar siswa tentang tema-tema yang Insya Allah menarik untuk didiskusikan.. Kemudian akan kami set menjadi debat logika antar kelompok tentang permasalahan tersebut.. Dan di akhir akan ada Mabit, sekaligus Lomba-lomba antar  kelas yang pasti nggak kalah rame..” lanjutnya.

Selain kegiatan diskusi kelompok tadi, di hari-hari biasa akan ada materi interaktif dari pemateri-pemateri pilihan. Nah, dari materi-materi tersebut akan dibuat suatu evaluasi materi yang akan diikuti seluruh siswa dan akan mempengaruhi nilai Pendidikan Agama Islam nantinya. “Jadi, setiap materi kurang lebih akan diambil 5 soal untuk kalian kerjakan..” ungkap Pak Zenal Abidin, Penanggung jawab Panitia Kegiatan Pesantren ini saat menyampaikan pemaparan Pesantren PEDAS ini. (than-QSmart)

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *