, ,

Budaya Ngabuburit Masyarakat Ciamis

BJK usai belajar Aksara Sunda, Minggu (15/9/2013)
BJK usai belajar Aksara Sunda, Minggu (15/9/2013)

Istilah “ngabuburit” sudah menjadi budaya masyarakat di ciamis, disetiap bulan ramadhan datang, mereka sering menyempatkan diri bahkan sengaja berbuka puasa bersama keluarga di alun-alun ciamis, bukan hanya dari kalangan anak muda saja yang datang untuk ngabuburit tapi juga mulai dari anak-anak hingga orang tuapun ada. karna budaya ngabuburit diciamis sudah ada dari dulu, yang rutin seperti kegiatan tahunan yang mana alun alun atau taman raflesia menjadi salah satu tujuannya.  alun alun ciamis juga merupakan sudut budaya kota ciamis. bukan hanya orang asli ciamis saja yang datang untuk ngabuburit di alun-alun ciamis bahkan dari luar kota ciamispun mereka menyempatkan diri untuk ngabuburit disana. “mari kita bersama sama menjaga dan memperhatikan kesamatan diri kita khususnya dari bahayanya petasan yang digunakan tidak pada tempatnya, selamat menunaikan ibadah puasa” said bapak M Badri.

keselamatan dalam menggunakan petasan di saat bulan suci ramadhan, bahkan di luar bulan cusi ramadhan juga haru di perhatikan karna akan sangat membahayakan keselamatan diri kita apabila kita menggunakannya tidak dengan aturan-aturan yang berlaku. bukan hanya para pembeli saja yang harus di berikan pengarahan  dalam menggunakan petasan, tapi juga para penjual-penjual nakal yang menjual petasan sembarangan tetapi harus mendapatkan izin dari pihak yang berwajib. contohnya di alun-alun atau taman raflesia ciamis, para pedagang tidak sembarangan menjual petasan dagangannya tapi harus melalui izin dari pihak kepolisian ciamis.

pengamanan di sekitar alun-alun ciamispun sudah di laksanakan dengan baik, apalagi nanti jika sudah mendekati hari raya idul fitri pengamanan di sekitar alun-alun melalui bantuan pihak kepolisian insya’allah akan di lakukan semaksimal mungkin.

pada tanggal 21 juli 2013 kemarin di alun-alun ciamis juga mengadakan acara buka bersama, untuk memeriahkan acara tersebut diisi pula penampilan-penampilan dari para pengamen yang berbakat , dan juga tausiah menjelang berbuka puasa.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *