4 Rekomendasi Website untuk Pelajar di Masa Pandemi

Sejak bulan april 2020, lembaga pendidikan di Indonesia memasuki hiatus. Meski tetap melakukan pembelajaran jarak jauh, banyak waktu luang yang tersedia buat Kawan Pelajar. Beberapa Kawan Pelajar mungkin merasa bosan dan bete ya karena banyaknya waktu luang ini?. Nah, inisiatip mau kasih rekomendasi nih beberapa website yang bisa digunakan untuk menghabiskan waktu.

Tapi, selain untuk mengisi waktu luang semasa PSBB, tentunya rekomendasi ini bisa digunakan untuk belajar dari manapun dan kapanpun.

1 Google Arts & Culture

Selain terkenal sebagai penyedia layanan mesin pencarian, Google juga memiliki puluhan layanan. Buat pelajar, google menyediakan layanan seperti Google Classroom, Doc, Cendikia dan masih banyak lagi. Salah satu yang akan inisiatip rekomendasikan adalah Google Arts & Culture.

Web ini bisa diakses melalui alamat https://artsandculture.google.com/ . Didalamnya kawan pelajar bisa mendapatkan berbagai referensi seni dan kebudayaan. Salah satu program nya adalah menyediakan museum digital. Google sendiri sudah bekerjasama dengan puluhan museum di dunia. Sehingga kawan pelajar bisa melihat berbagai koleksi museum dari seluruh dunia.

Selain bisa melihat koleksi, beberapa museum juga dapat dikunjungi secara virtual dan 360 derajat. Kawan pelajar juga bisa memberikan rekomendasi situs disekitaran lokasi kawan pelajar.

2 Khan Academy

Khan Academy dibuat tahun 2005 oleh Salman Khan, untuk membantu sepupunya belajar. Kerennya, Salman Khan akhirnya bisa membantu banyak anak anak lain untuk mendapatkan materi pembelajaran yang beragam secara gratis.

Khan Academy pernah hampir bangkrut karena tidak adanya pendanaan. Hingga akhirnya ada orang yang mau berdonasi untuk situs ini. HIngga saat ini, Khan Academy masih menyediakan sumber belajar gratis dengan sumber dana dari donasi.

Kawan Pelajar dapat belajar puluhan hingga ratusan materi dari pelajaran untuk siswa TK, Aljabra, Kalkulus, Seni hingga pembuatan animasi. Kerennya lagi, karena terbuka untuk publik, Khan Academy juga menyediakan materi dari berbagai sumber melalui kerjasama dengan banyak industri.

3 Ted

Selanjutnya, inisiatip mau rekomendasiin ted.com, sebuah organisasi media nirlaba yang mengunggah presentasi secara gratis yang di distribusikan secara online, di bawah slogan “ideas worth spreading”. Kalau inisiatip, biasanya mengakses ted ini melalui youtube atau aplikasinya.

Melalui berbagai medianya, Kawan pelajar bisa mengakses ribuan presentasi yang bisa memotivasi kawan pelajar untuk melakukan perubahan. Selain video orang keren yang presentasi, kawan pelajar juga bisa mengunjungi Ted ed. Salah satu Chanel Youtube yang menyajikan informasi melalui media animasi.

Konferensi TED yang utama diadakan setiap tahunnya di Vancouver, British Columbia, Canada di Vancouver Convention Centre. Sebelum 2014, konferensi nya diadakan di Long Beach. Acara TED juga diadakan di seluruh Amerika Utara, Eropa dan Asia, menawarkan live streaming presentasi nya. Mereka membicarakan berbagai jenis topik dalam penelitian dan praktik sains dan budaya, sering lewat cerita. Para pembicara diberikan waktu maksimum 18 menit untuk mempresentasikan ide mereka dengan cara yang paling inovatif dan menarik yang mereka bisa. Pembicara yang pernah presentasi termasuk Bill Clinton, Jane Goodall, Al Gore, Gordon Brown, David Cameron, Billty Graham, Richard Dawkins, Bill Gates, Bono, penemu Google Larry Page dan Sergey Brin, dan berbagai pemenang Nobel Prize.

4 Code

Buat Kawan Pelajar yang suka dengan teknologi informasi, salah satu yang penting untuk dipelajari adalah pemrograman. Code.org ini salah satu yang bisa mendampingi kawan pelajar dalam mengisi waktu luang. di Code.org, kawan pelajar bisa belajar, mencoba dan bereksperimen dalam dunia perkodean.

Code.org adalah organisasi nirlaba yang didedikasikan untuk memperluas akses ilmu komputer di sekolah dan meningkatkan partisipasi perempuan dan minoritas yang kurang terwakili. Code sendiri percaya bahwa setiap siswa di setiap sekolah memiliki kesempatan untuk belajar ilmu komputer, seperti biologi, kimia, atau aljabar.

Code.org menyediakan kurikulum yang paling sering digunakan untuk mengajar ilmu komputer di sekolah dasar dan menengah dan juga menyelenggarakan kampanye Jam Kode tahunan, yang telah melibatkan 10% dari semua siswa di dunia. Code.org didukung oleh pendonor seperti, Amazon, Facebook, Google, Infosys Foundation, Microsoft, dan lebih banyak lagi.

Nah itu dia, 4 Rekomendasi inisiatip buat kawan pelajar. Kalian punya rekomendasi lain? Tulis di kolom komentar ya !

Post Serupa

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on google
Google+
Share on telegram
Telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *