Ada yang Akan Pergi, Padahal Belum Lama Kembali.

Ramadan adalah bulan yang sangat dimuliakan orang beragama Islam. Di bulan ini, terdapat banyak sekali keistimewaan bagi umat Islam. Ramadan dikenal pula dengan bulan puasa. Di mana semua umat Islam diwajibkan untuk melakukan puasa.

Seperti pada ayat dalam Alquran yakni pada surah Al Baqarah ayat 183 yang artinya: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Nyatanya, Ramadan 1441H ini akan segera berakhir pekan depan. Entah kita dulu yang berakhir di dunia ini atau Ramadan tercinta. Di akhir Ramadan ini adalah pekan paling istimewa.

Sebagaimana hadist yang diriwayatkan oleh Al-Farisi, “Adalah bulan Ramadhan, awalnya rahmat, pertengahannya pengampunan, dan akhirnya pembebasan dari api neraka.”

Benar! Siapa sih yang enggak mau dibebasin dari api neraka?

Rasulullah SAW menganjurkan umat Islam untuk melakukan ibadah di pekan terakhir atau saat sepuluh hari terakhir dengan sungguh-sungguh.

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata, “Dahulu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersungguh-sungguh di sepuluh terakhir di bulan Ramadan lebih dari pada bersungguh-sungguhnya beliau di hari-hari lainnya.” (HR. Muslim dan Ahmad).

Jadi, apa keistimewaan lainnya dari pekan terakhir Ramadan?

• Lailatul Qadar
Diartikan dari Alquran Surah Al-Qadr ayat 1-5.
“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Alquran) pada malam qadar. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan. Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar.”

Sangat mulia sekali ‘kan malam itu?

Lalu, bagaimana cara menemukannya?

Hal ini seperti sabda Rasulullah, “Carilah malam lailatul qadar di malam ganjil dari sepuluh terakhir bulan Ramadan.” (HR. Imam Bukhari).

Cara paling mudah mencarinya ialah dengan terus beribadah. Perbanyak zikir, salat malam, dan sadaqah.

Semoga bisa mendapatkannya ya.

Itulah, sesuatu yang akan pergi dalam waktu dekat ini. Padahal belum lama kembali.

Post Serupa

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on google
Google+
Share on telegram
Telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *