Adang Sudrajat “Today Is Young Tomorrow Will be a Leader”

“Kami pemuda dan pemudi Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu tanah air Indonesia. Kami pemuda dan pemudi Indonesia mengaku berbangsa yang satu bangsa Indonesia. Kami pemuda dan pemudi Indonesia menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia”.

Sobat, masih ingatkah akan point-point diatas?  Yup, point Sumpah Pemuda. Bener kacida. Hari kamis kemarin tanggal (28/10) adalah hari pemuda, masih ingatkah?

Sumpah Pemuda merupakan bukti nyata bahwa pada tanggal 28 oktober 1928 Bangsa Indonesia dilahirkan, oleh karena itu seharusnya kita saebagai pemuda Indonesia khususnya, memperingati momentum 28 oktober sebagai hari lahirnya bangsa Indonesia, proses kelahiran Bangsa Indonesia ini merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan bangsa Belanda, kondisi ketertindasan inilah yang kemudian mendorong para pemuda pada saat itu untuk membulatkan tekad demi Mengangkat Harkat dan Martabat Hidup Orang Indonesia Asli, tekad inilah yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaannya 17 tahun kemudian yaitu pada 17 Agustus 1945.

Kami sangat bangga pada pemuda era -1928 yang telah menciptakan segudang prestasi, yang sampai hari ini hasil jerih payah mereka terus dikenang. Hal seperti inilah yang harus kita teladani. By the way apa prestasi yang telah diraih pemuda hari ini? Coba pikir! Apa?, jika digambarkan pemuda sekarang ini tuh mengisi masa-masa mudanya dengan kegiatan yang kurang manfaat, banyak yang nongkronglah, tawuran, sering bersemedi di depan TV, masuk club-club motor. Kira-kira apa yang akan dihasilkan dari kegiatan mereka? Akankah menciptakan sebuah Prestasi?.

Ingatlah kawan! Maju tidaknya suatu bangsa dapat ditentukan dan dapat dilihat dari aktivitas kaula mudanya. Memang usia kita masih belia (16-30 tahun=pemuda), tapi setidaknya marilah kita mengisi masa-masa muda kita dengan kegiatan yang bermanfaat, seperti membaca buku, bergabung dengan organisasi yang bersegmentasi pendidikan. Karena apa? 10 tahun kedepan Indonesia berada ditangan kita.

Untuk menghargai jasa pemuda era -1928, dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, kegiatan apa yang mesti kita lakukan?  Untuk menjawab pertanyaan satu ini, kami meminta tanggapan dari Adang Sudrajat Kasi Pemuda dan Olahraga (PO) Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, sebagai bagian dari masyarakat. “Untuk mengisinya,  kalian sebagai generasi muda harus bisa meningkatkan Sumber Daya Manusia, dengan cara belajar sungguh-sungguh, selain itu kalian harus patuh kepada orang tua, belajar menghargai orang lain walaupun nyatannya kalian berbeda prinsip” jawab Adang Sudrajat.

“Kalian juga harus bisa menciptakan rasa Nasionalisme yang tinggi dengan pemuda-pemuda lain seperti pemuda era-1928, jangan karena alasan beda sekolah, beda organisasi, beda pemahaman rasa persatuan pemuda-pemudi menjadi luntur, kalian harus ingat Today Is Young Tomorrow Will be a Leader, pemuda hari ini calon pemimpin dimasa yang akan datang” Tambah  Kasi PO Dinas Pendidikan Kab. Ciamis.

Maman NZ SMK Miftahussalam
Dan M Husain MAN Darussalam Ciamis
Baju Kopral

Post Serupa

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on google
Google+
Share on telegram
Telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *