AGAR OTAK TETAP SEHAT

Otak merupakan organ tubuh terpenting selain jantung. Para ahli berpendapat, setiap peristiwa dalam kehidupan meninggalkan bekas di otak kita. Bekas yang biasa juga disebut kenangan atau ingatan itu, mulai dari pembicaraan orang lain sampai gambaran peristiwa yang kita tonton dalam layar kaca. Otak yang sehat dan kuat sampai usia lanjut terbentuk oleh berbagai hubungan yang seperti terhayati dalam hidup. Jika kita  mendambakan kinerja otak yang sehat, tajam dan tetap produktif hingga usia senja, paling tidak ada tujuh panduan praktis yang layak kita lakukan,

Pertama, carilah variasi. Variasi merupakan bumbu penyedap kehidupan. Pengalaman baru dan pengalaman yang luas keduanya sama-sama memiliki pengaruh yang  cukup urgen terhadap perkembangan otak kita. Menurut penelitian, pengalaman baru akan menambah kecerdasaan otak. Contoh kecilnya, ketika kita mencoba menulis dengan menggunakan tangan kiri. Apabila kita tidak terbiasa menulis dengan menggunakan tangan kiri, tentu hal tersebut tidaklah mudah. Tulisan yang dihasilkan benar-benar mirip tulisan anak yang baru belajar menulis. Namun ternyata, secara tidak langsung ketika tangan kiri kita menggoreskan tulisan tersebut, otak kita memperoleh pengalaman baru yang kemudian akan diolahnya. Dan lama-kelamaan, ketika kita  sering menulis dengan menggunakan tangan kiri (hingga akhirnya terbiasa) tulisan kita terlihat lebih baik. Itu berarti, kita telah memiliki satu kemampuan baru yang menunjukkan bahwa kecerdasan kita telah benar-benar bertambah. Meskipun hanya menulis dengan tangan kiri, tapi itu patut disyukuri. Paling tidak, kita bersyukur bahwa Allah telah menganugerahkan “mesin tercanggih” pada tubuh kita. Bagaimanakah jadinya, jika kita tidak diberi otak oleh Allah? Na’udzubillahi mindzalik.

Selain pengalaman baru, pengalaman yang luas juga sama pentingnya.  Pengalaman yang luas akan memperdalam “danau” pengetahuan. Suasana yang menyenangkan akan menyegarkan otak. Sebaliknya, tugas-tugas yang tidak menyenangkan membuat otak tumpul.

Kedua,bersikaplah fleksibel. Kesediaan untuk memperbaiki keadaan dan mencoba hal-hal baru yang baik akan bepengaruh positif bagi otak dari pada sikap menentang perubahan.

Ketiga, tetap tenang. Mereka yang sering tertekan, cemas, marah-marah, atau kecewa akan lebih cepat mengalami kemunduran daya kerja otak dibandingkan dengan mereka yang mampu menikmati keadaan kehidupan dengan segala kemungkinan kekurangannya, dan mereka yang mampu menikmati akitivitas kerja dalam kehidupan kesehariannya. Orang yang mampu menikmati perdamaian juga mampu hidup damai dengan dirinya sendiri, orang lain, dan lingkungan kehidupan.

Keempat, kembangkanlah keahlian. Seseorang yang dalam hidupnya tidak memiliki ketekunan mendalami bidang keahlian tertentu akan merasakan kehidupannya tak berarti. Untuk itu, setiap orang harus memiliki rasa ingin tahu sekaligus memiliki gairah untuk belajar secara terus-menerus, khususnya para pelajar.

Kelima, dapatkan sebanyak-banyaknya tantangan dan kehendak memahami permasalahan baru. Kegiatan demikian akan meningkatkan pertumbuhan sel-sel otak hingga 25% lebih banyak daripada mereka yang suka bersikap masa bodoh.

Keenam, bertemanlah sebanyak-banyaknya. Mereka yang paling baynyak teman biasanya mendapat skor tertinggi dalam tes-tes yang berkaitan dengan pengetahuan, dan mereka ynga banyak terlibat dalam ragam kehidupan sosial (misalnya organisasi-organisasi) selalu lebih baik dalam menghadapi situasi-situasi baru.

Ketujuh, selalu positive thinking (berpikir positif), paling tidak dengan diri kita sendiri. Dalam berpikir positif tersebut kita tidak mendudukkan diri sebagai objek yang tidak berdaya atas hal-hal yang buruk yang terjadi, tetapi sebagai pelaku aktif yang setiap saat mampu mengubah arah kehidupan kita secara keseluruh
an.

 

M Husein & Ros Zahro

MAN Darussalam

Post Serupa

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on google
Google+
Share on telegram
Telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *