ASEC bikin ASIK..!

Sabtu, 6 Maret 2010. Rombongan pelajar dari beragam sekolah tumpah ruah di Kampus SMA Al-Muttaqin Tasikmalaya, Jl. Ahmad Yani no. 140 Tasikmalaya. Pasalnya, pada hari itu adalah penutupan rangkaian kegiatan Art, Sport, and Economic Competition sekaligus penganugerahan hadiah bagi para pemenang di kegiatan yang dilaksanakan tanggal 3-6 Maret 2010 tersebut.

Rangkaian kegiatan ASEC ini sendiri merupakan event yang diadakan OSIS SMA Al-Muttaqin periode 2009-2010 yang dikomandoi oleh Duddy S. Suwardi, siswa kelas 11 IPA. Kegiatan ASEC ini sebenarnya sudah diawali dengan kegiatan Try Out UN – SMP yang diselenggarakan oleh OSIS SMA Al-Muttaqin sebagai langkah awal dari rangkaian kegiatan ASEC tersebut. “Jadi, kegiatan Try Out SMP yang diadakan untuk siswa SMP di Priangan Timur ini merupakan sarana awal bagi ASEC untuk menuju rangkaian kegiatan selanjutnya. Selain promosi kegiatan ASEC dan juga promosi sekolah, di Try Out ini kami juga mencari bibit-bibit generasi pelajar SMP yang berbobot untuk gambaran angkatan selanjutnya..” ungkap Rani Rahmadiyani, selaku koordinator Try Out yang diadakan di 5 Wilayah di Priangan Timur tersebut.

Setelah heboh dengan Try Out yang diikuti oleh sekitar 800 siswa yang tersebar di Priangan Timur, OSIS SMA Al-Muttaqin melanjutkan dengan kegiatan utama mereka, ASEC. ASEC merupakan event kompetisi pelajar di Priangan Timur di bidang Art (Seni), Sport (Olahraga) dan Economic (Ilmu Sosial – Ekonomi). Hal itu terrealisasikan dengan 4 cabang perlombaan. Yaitu : Wall Magazine Competition, Junior Band Competition, Student Futsal Competition, dan Social Quiz.

“Wall Magazine melambangkan budaya tulis menulis dan membaca, Band melambangkan unsur seni dari siswa, Futsal melambangkan jiwa sportivitas siswa, dan Social Quiz merupakan lambang sinergi dari kepekaan sosial siswa. Kenapa tahun ini kami memilih LCT Sosial, karena kami ingin berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kami ingin merubah pandangan luar tentang Ilmu Sosial yang terkadang dipandang sebelah mata. Dan hasilnya, peserta lumayan antusias terhadap kegiatan ini. Ya, mudah-mudahan tahun depan bisa lebih banyak lagi…” ungkap Fathan selaku sekretaris kegiatan ASEC ini.
Selama 4 hari, Kampus SMA Al-Muttaqin menjadi sentral kegiatan ASEC yang menghadirkan banyak sekali siswa yang masuk ke sini. Selain perlombaan-perlombaan yang disediakan, panitia juga mengantisipasi banyaknya siswa yang datang dengan mengadakan ASEC Fair dan School Theatre.
 
“ASEC Fair merupakan Bazar yang diadakan selama kegiatan ASEC ini berlangsung.. Produk dagangannya dari instansi-instansi berkualitas. Contohnya dari McD, Konjaku, Crepes, Gramedia, dan lain sebagainya. Sedang School Theatre adalah semacam Bioskop Sekolah.. Jadi, yang datang ke sini nggak akan bosan walaupun tidak ikut lomba…” lanjutnya.

Memang, pada kegiatan ASEC tahun ini, semua acara disentralisasikan di Kampus SMA Al-Muttaqin. Tentu tercipta suatu kondisi yang ramai dan meriah. Bagaimana tidak, adu cepat menekan bel di LCT diadukan dengan teriakan para bobotoh di lomba futsal dan auman musik dari lomba band di satu wilayah yang sama. Belum lagi sound dari Bioskop yang menggema. “Memang sempat ada problem mengenai ramainya kegiatan ini. Ya, alhamdulillah bisa terselesaikan..” ungkapnya seraya tersenyum.

Kegiatan ASEC ini sendiri merupakan yang pertama kalinya semenjak SMA Al-Muttaqin didirikan pada tahun 2003 lalu. Sebelumnya, lomba-lomba yang diadakan di kampus yang memiliki tempat satu komplek dengan SMP Al-Muttaqin ini biasanya berbasiskan perkembangan dunia Bahasa dan Sains. Namun kali ini, OSIS SMA Al-Muttaqin mencoba memberikan inovasi baru untuk acara-acara yang dilaksanakannya. Itulah alasan mengapa diadakannya kegiatan ASEC ini.

ASEC 2010 ini telah menghadirkan banyak potensi yang bermunculan dari Priangan Timur. Dari Wall Magazine, Trophy yang dipersembahkan oleh Tabloid Priangan dimenangkan oleh SMP N 1 Panumbangan sebagai juara pertama dan SMP Plus Pesantren Amanah sebagai juara kedua. Sedang di perlombaan Band, Trophy Walikota Tasikmalaya dimenangkan oleh Band dari SMP N 5 Tasikmalaya. Di perlombaan Futsal, SMP N 10 Tasikmalaya berhasil meraih kemenangan setelah mengalahkan SMP N 4 Tasikmalaya di final. Dan pada LCT Sosial – Ekonomi, juara pertama dan juara kedua diraih oleh SMP N 2 Tasikmalaya.

Dari keseluruhan lomba, diambil juara Umum dari kegiatan ASEC ini. Dan sekolah yang berhasil meraih trophy juara dari Walikota Tasikmalaya ini adalah SMP N 2 Tasikmalaya. “Selamat kepada tim Nedutas yang telah membuktikan kapasitasnya sebagai sekolah favorit di Tasikmalaya. Ya, mudah-mudahan bisa meraih kesuksesan di masa depan. Dan kegiatan ini menjadi tonggak keberhasilan kalian di masa depan..!” ungkap Zaenal Arifin, Ketua Pelaksana, kepada tim dari SMP N 2 Tasikmalaya.

Well, akhirnya kegiatan ASEC berakhir. Selamat kepada para pemenang..! Dan selamat juga bagi OSIS SMA Al-Muttaqin periode 2009-2010 yang telah meneruskan dan menunjukkan eksistensi dari OSIS SMA Al-Muttaqin sebelumnya. Semoga saja kegiatan-kegiatan OSIS SMA Al-Muttaqin selanjutnya mampu mempertahankan ciri khas dari keorganisasian yang solid dari SMA Al-Muttaqin. CaO..!

Muhammad Fathan Mubina – Q-Smart

Post Serupa

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on google
Google+
Share on telegram
Telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *