BBB (BUKAN BONEKA BIASA)

 

 

 

 

Sobat Mata Pelajar, tau gak boneka horta?pasti sobat semua pada belum tau kan?itu tuh boneka yang dibuat dari sebuk gergaji, keunikan boneka ini bisa dijadikan media tanam, selain itu dapat menjadi salah satu alternatif mainan baru yang edukatif, kreatif dan imajinatif untuk anak-anak, terutama anak-anak perempuan.

Pada tau gak cara membuat boneka horta?kalau belum pada tau, kita akan beritahu cara membuatnya. Caranya boneka horta diberi lubang pada bagian atas kepalanya, lalu lubang tersebut di isi dengan tanaman, setelah itu direndam, selanjutnya boneka tersebut dibalikan kemudian diangkat, dan terakhir siram boneka horta tersebut setiap hari.

Boneka horta mempunyai banyak jenis, diantaranya horta cup, horta panda, horta kura,horta babi,horta sapi,horta kodok,horta kucing,horta gajah,horta monyet, horta macam,horta kuda dan yang paling unik adalah horta etnik yang merupakan produk terbaru.

Boneka horta ini terlahir dari kekreatifan para KWT (Kelompok Wanita Tani ) yang berada di kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis. Awalnya boneka tersebut terinspirasi dari kejenuhan ibu-ibu terhadap tanaman yang berada diatas pot, maka muncullah inovasi baru,yaitu membuat boneka horta sebagai media tanam, agar lebih menarik dan sedap dipandang.

Setiap hari para KWT menghasilkan 3 bentuk boneka yang diproduksi setiap 5 orang pengrajin, pembuatannya cukup lama karena pembuatan boneka ini tidak menggunakan mesin. Boneka horta ini sudah di distribusikan sampai ke Lembang ( Bandung), Tangkuban parahu, Ciwidey dan daerah sekitarnya. Setiap boneka horta dipatok harga dari Rp.15.000-28.000 perbuah.

Nah…….sekarang sobat-sobat sudah pada taukan boneka horta itu seperti apa?, pasti kalian semua tertarik…kalau kalian mau, datang aja ke Buniseuri atau kalian bisa hubungi nomor telepon dibawa ini:

085223022546

Tita yuliani dan

Elmalia Apriliani

SMK Miftahussalam Ciamis

Baju Kopral 2010                                                                   

 

 

 

Post Serupa

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on google
Google+
Share on telegram
Telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *