Bergegas Rebutkan Gelar Moka

 

Dapat gelar mojang jajaka, siapa takut? Hal itu dapat diraih oleh siapa saja, yang dirinya masih menyandang status Mojang dan Jajaka (Moka) wilayah kabupaten ciamis yang tentunya masih single loh!(belum nikah geto!). Kira-kira apa aja sih syarat-syaratnya? Susah apa gampang Ya? Gampang, syarat yang pertama adanya rasa kemauan dan keinginan.

Kemauan dan keinginan apa? Keinginan ikut andil dalam rangka mengembangkan dan memelihara tradisi dan nilai-nilai kebudayaan juga Pariwisata Kabupaten Ciamis. Setelah itu seandainya kita sudah memenuhi syarat-syarat yang disebutkan tadi, kita bisa mengikuti acara Pemilihan Mojang Jajaka Ciamis, yang rutin digelar setiap tahunnya.

Kebetulan tahun ini, di selenggarakan pada bulan April 2010. dari sebagian rangkaian acara, Minggu(18/04) kemarin adalah Unjuk Kabisa yang bertempat di Sanggar Rengganis. Dengan tema”Mirasa, miboga, micinta miara budaya sunda” acara pemilihan Mojang jajaka Ciamis tahun ini  diikuti  39 Moka (19 Jajaka, dan 20 Mojang ) yang datang  mewakili kecamatannya masing-masing. Pada acara Unjuk kabisa ini, setiap peserta harus menampilkan kebolehannya didepan dewan juri dan tamu undangan yang hadir. Hebatnya Unjuk Kabisa yang ditampilkan Moka Ciamis ini bervariasi, seperti: Seni Jaipong, Gitar Suling (Tarling), maca sajak sunda dan lain-lain. Wah hebat yah!

Dari sekian banyak peserta, kemudian disaring menjadi 32 Moka. Bagi para moka yang terdaftar sebagai nominasi, adalah moka yang memenuhi 3 Aspaek penilain, 3 aspek itu disingkat 3 B. Apa aja tuh? B1=Beauty (Raut wajah) B2= Behavior (Kepribadian) B3=Brain (Otak, wawasan).

Setelah prosesi penyaringan dilaksanakan, kemudian seluruh moka akan dikarantikan pada tanggal 22 April bertempat di Hotel Budi Family Ciamis. Pada kegiatan karantina tersebut seluruh moka akan dididik dan diberi pengarahan supaya menjadi Moka ciamis sesungguhnya.

Dari 32 moka diatas, seluruhnya saling berkompetisi sehat memperebutkan Gelar Mojang Jajaka Ciamis. Sealain itu juga, memperebutkan beberapa Gelar dan peringkat.

1.                        Pinilih

2.                        Wakil I Pinilih

3.                        Wakil II Pinilih

4.                        Kamemet

5.                        Keos Gandes

6.                        Mimitran

7.                        Dan special pada tahun ini ada penambahan beberapa peringkat, yaitu :

a. Duta Anti Narkoba

b.&
nbsp;                      
Duta Kesehatan

c. Duta Pendidikan

 

Maman Noer Zaman

Dan Muhammad Husain

SMK Miftahussalam Ciamis,

MAN Darussalam Ciamis

Baroedak Jurnalis Koran Priangan

(Baju Kopral)       

Post Serupa

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on google
Google+
Share on telegram
Telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *