Bersihkan Diri, Sucikan Hati

“Sesungguhnya Allah maha Indan dan menyukai keindahan”. Keindahan diri kita tidak akan bisa tercapai tanpa hati kita yang bersih. Karena semua berawal dari hati, dalam sebuah keterangan ‘ada segumpal daging yang apabila dia bersih maka bersihlah seluruh jiwa raga kita…….’. saking pentingnya hati, tanpa sadar kita sering menyebutkannya. Kepada orang lain kita selalu menyebutkan “hati-hati ya” kepada teman akarab “bro hati-hati di jalan oy…” bahkan dalam pesan singkat pun biasa di tulis “TTDJ”=hati-hati dijalan.

Mengapa hati yang disebutkan? Tidak mata.hidung ataupun yang lainnya? Pernahkah kia mendengar orang tua atau siapapun berpesan kepada kita “Nak mata-mata di jalan ya” ? yang ada adalah “Nak hati-hati dijalan ya”. Itu menggambarkan bahwa ketika hati sudah bersih dan tertata rapih kemanapun kita pergi akan senantiasa terjaga.

Terjaga dari sifat arogan, sifat sombong dan sifat yang akan membahayakannya. Kita bisa membayangkan apabila gayus memiliki hati yang bersih. Dia tidak akan menjadi pembicaran seluruh masyarakat Indonesia. Atau para penjahat seperti koruptor dsb.

Mungkin apabila semua komponen Negara ini memiliki hati yang bersih, akan mempercepat menuju tujuan Bangsa ini, Yakni masyarakat yang adil dan makmur. Bahkan bukan mungkin lagi, tapi InsyaAllah pasti akan terwujud. Jadi kita bisa tau mengapa amat susah di bumi pertiwi ini melihat suasana yang adil dan makmur?!.

Momentum Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk menuju masyarakat adil dan makmur. Dalam puasa Allah mengajarkan sifat Kesamaan terhadap semua manuisa. Itu artinya tidak ada pembeda antara yang kaya dan miskin. Apakah puasa orang orang kaya hanya 5 jam, dan meminta kepada Allah dengan sogokan agar di persingkat?  Tentu tidak semua sama  Di bulan ini pula Allah mengajarkan kita untuk bermurah hati dengan menganjurkan shadaqah atau dengan cara mengeluarkan zakat. Karena dengan zakat merupakan salah satu cara untuk membersihkan diri kita.

Dalam sebuah keterangan, barang siapa yang bershasaqah di bulan Ramadhan akan di hindarkan dari 70 bencana. Oleh karena itu marilah kita sama-sama membersihkan diri mensucikan hati. Sesua dengan pesan Bapak Gubernur Jawa Barat “Mari kita bersihkan diri, sucikan hati……”

Husain Ksyf

Baju Kopral

Post Serupa

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on google
Google+
Share on telegram
Telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *