Bocoran Kunci Jawaban UN SMP-SMA 2010 Sebuah Keprihatinan

Bocoran Kunci Jawaban UN SMA-SMP 2010, mungkin dekat-dekat ini akan bertebaran lagi di internet dalam berupa keyword . Selain itu bahkan Bocoran Ujian Nasional ini dijual belikan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jwab. Itu terbukti waktu saya Ujian Nasional Tahun 2009 Kemarin, waktu saya search menggunakan google ternyata saya menemukan di sebuah forum ada pihak yang menjual belikannya dengan harga yang memang tidak murah yaitu Rp. 2.500.000 hanya untuk ukuran secarcik daftar A,B,C,D dan E.
Kok bisa bocor begitu?? tanya saya waktu itu. Ternyata memang setelah saya nonton salah satu tayangan televisi yang suka mengungkap berbagai kecurangan-kecurangan yang terjadi di Masyarakat, oknumnya itu sangat terorganisir dan memang sulit untuk dicegah. Karena mereka menilainya ini adalah sebagai ladang emas untuk berbisnis dengan keuntungan yang sangat besar sekali.
Kita semua pasti prihatin dengan keadaan ini, tapi mau gimana lagi. Ada bahkan mungkin banyak hal yang menyebabkan ini terjadi, salah satunya adalah Sistem Ujian Nasional yang dengan Standar Nilai tertentu yang mengharuskan siswa supaya dikategorikan LULUS dalam Ujian Nasional dan bisa juga diakibatkan mungkin (maaf) ketidak seriusan sebagian para siswa untuk belajar dan memahami pelajaran di sekolah terutama pelajaran yang di Ujian Nasionalkan sehingga dengan segala keterbatasan mereka akan melakukan hal apapun hanya untuk meraih sebuah kata “LULUS“. Kita tidak bisa menyalahkan sistem pendidikan yang sedang berjalan, tapi apakah memang benar sistem yang berjalan di setiap sekolah itu sudah sesuai dengan sistem standar pendidikan dari pemerintah.
Kira-kira solusi apa yang bagus, yang terbaik, yang optimal  agar kejadian ini tidak berulang secara menahun di Indonesia yang saya rasa hal yang memperihatinkan ini bisa menghancurkan sedikit demi sedikit generasi penerus Bangsa Indonesia. Untuk menjawabnya, saya rasa ini kembali pada diri kita sendiri khususnya para pelajar, orang Tua dan Para pendidik yang terlibat, semacam introspeksi. Dan mudah-mudahan juga Pemerintahan kita mepunyai sebuah solusi entah apaakah itu yang setidaknya bisa mengurangi tindakan kecurangan yang terjadi selama ini.
 
 
 
Irbad Nurzaman
Citizen Journalism Forum
MTs Darussalam, Ciamis 

Post Serupa

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on google
Google+
Share on telegram
Telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *