Budaya Hari Raya Idul Fitri di Indonesia

Idul Fitri atau yang biasa disebut juga dengan lebaran ini merupakan momen hari kemenangan yang ditunggu-tunggu umat Islam diseluruh dunia termasuk Indonesia. Negara Indonesia sendiri merupakan negara yang masyarakatnya mayoritas beragama Islam, sehingga mereka memiliki antusias yang tinggi untuk merayakan hari raya Idul Fitri. berikut beberapa contoh budaya Hari Raya Idul Fitri di Indonesia :

1.Takbir Keliling Kampung 

Di malam sebelum Idul Fitri, masjid mengumandangkan takbir mulai dari pengumuman hilal sampai dilaksanakan sholat Ied (selama 24 jam). Selain takbir di masjid biasanya remaja dan anak-anak kampung juga mengadakan takbir keliling dengan membawa bedug keliling atau membawa obor dengan penuh semangat.

2. Sungkeman

Setelah sholat Ied, anak-anak harus meminta maaf kepada orang yang lebih tua dikeluarganya terutama kedua orang tuanya. Anak-anak menunduk atau sungkem kepada orang tua dan meminta maaf atas dosa yang diperbuat selama Ramadhan ataupun di tahun-tahun sebelumnya.

3. Halal Bihalal

Lebaran merupakan momen yang pas untuk saling memaafkan satu sama lain meskipun perbedaan pandangan atau pendapat yang tidak bisa kita hindarkan, agar silaturahmi tetap terjalin, saling memaafkan itu sangat diperlukan juga ya kawan Mata Pelajar!

4. Lebaran Ketupat 

Di daerah Jawa, setelah 8 hari melaksanakan Idul Fitri, masyarakat juga melaksanakan lebaran ketupat dengan memasak ketupat beserta sayurnya dan di bagi-bagikan ke tetangga sekitar, atau juga digunakan untuk merayakan festival ketupat yang diadakan sesuai budaya daerah masing-masing.

Post Serupa

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on google
Google+
Share on telegram
Telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *