Deldom, Icon Unik Ciamis Punya

Hay kawan ! Apakah kalian tahu apa itu DELDOM ? Orang Ciamis pasti tahu apa itu DELDOM kan ? Itu lho yang suka ada di Alun-Alun Ciamis ? Ya betul !! DELMAN DOMBA. Apakah pernah muncul di benak kalian kenapa sih domba yang dijadikan sebagai hewan penarik delmannya ? Padahal kan delman itu identiknya dengan seekor kuda. Ada yang tahu ga kenapa ? Ayo kita cari tahu !!!!
Ternyata menurut Bapak Yudi (23th) berasal dari kecamatan Baregbeg kabupaten Ciamis, yang merupakan salah satu seorang penarik deldom terlama di Alun-Alun Ciamis. Beliau telah menjadi seorang penarik deldom sejak kelas 4 SD. Dan sesungguhnya dialah orang pertama yang mengadakan alat transportasi deldom di Alun-Alun Ciamis. Alasan dijadikannya domba sebagai hewan penarik adalah untuk menarik perhatian si pengungjung yang datang. Sesungguhnya deldom ini tak hanya ada di Alun-Alun Ciamis saja, tetapi diberbagai daerah seperti Garut,Tasik dan daerah lainnya deldom memang sudah ada.
Untuk penghasilan penarikan deldom tersebut, Kang Yudi biasanya mendapatkan uang sebesar 50 ribu di hari biasa dan `100 ribu di hari weekend. Tarif untuk menaiki deldom itu 5000/orang(anak-anak maupun dewasa).

nandimj96@gmail.com

Peserta CYJ VI Baju Kopral

Post Serupa

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on google
Google+
Share on telegram
Telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *