DIKLAT JURNALISTIK

SUBANG- Acara diklat Jurnalistik gratis yang diselenggarakan oleh Harian Umum Pasundan Ekspres diikuti secara antusias oleh puluhan pelajar tingkat SMA se wilayah Kota Subang.

Para pelajar mendapatkan materi dasar Jurnalistik sekaligus praktek menulis berita dan terjun langsung ke lapangan untuk melakukan peliputan.


Materi yang disampaikan meliputi pengetahuan dan sejarah jurnalistik, teknik dasar reportasi, wawancara, foto jurnalistik, lay out dan perwajahan yang disampaikan oleh jajaran redaksi dan wartawan Pasundan Ekspres. Sedangkan untuk praktek, para peserta dapat mengetahui proses penulisan berita maupun editing di ruang redaksi secara langsung.

Dalam sambutannya, ketua panita diklat Supriatna mengatakan, diklat tersebut ditujukan untuk memberikan wawasan kepada para siswa tingkat SMA, sekaligus untuk menjaring para siswa yang berminat untuk menjadi wartawan Pasundan Ekspres khusus liputan sekolah.

“Kami ucapkan terimakasih atas kehadiran para peserta diklat Jurnalisitik yang dilaksanakan secara sederhana ini. Semoga bermanfaat dan dapat dipraktekan langsung, khususnya bagi yang mengelolan mading sekolah. Lebih jauh, nanti Pasundan Ekspres akan memiliki halaman khusus pendidikan, diharapkan yang menulis adalah dari para peserta yang mengikuti diklat,” ujar Supriatna.

Sementara Pimpinan Redaksi Rezza Rinaldi menilai, tulisan para peserta diklat yang dikumpulkan secara umum telah cukup memenuhi kaidah jurnalistik. “Beberapa tulisan mereka sudah bagus dan cukup layak disebut berita. Mungkin untuk selanjutnya akan dilakukan pemanggilan kepaada beberapa peserta untuk mendapat kesempatan menjadi wartawan pasundan ekspres khusus liputan sekolah,” tandasnya.

Acara diklat yang diselenggarakan di kantor Pasundan Ekspres tersebut, dapat berjalan dengan lancar. Seluruh peserta mengikuti materi secara tertib dan interaktif. Pada sesi praktek peliputan secara langsung, para peserta menghadiri acara konser Band Wali yang digelar di lapang alun-alun Subang. Acara diakhiri dengan buka puasa bersama.

Post Serupa

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on google
Google+
Share on telegram
Telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *