English Week Competition, di Unigal

            

           

           

 

 

English week competition, suatu event yang diselenggarakan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Galuh (UNIGAL) Ciamis, senin (8/2) kemarin. Ajang bergengsi ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan tiap tahunnya. Kebetulan acara ini,  yang ke-13 kalinya diselenggarakan Mahasiswa Unigal, yang berlangsung selama 3 hari (mulai tanggal 6-8 Pebruari 2010).

Ketua panitia, Kania menuturkan “Event yang bertemakan Let’s be enthusiastic in english ini, sengaja setiap tahunnya rutin diselenggarakan. Bertujuan, kami selaku mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) mempunyai peran dalam memasyarakatkan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional, tanpa membelakangkan bahasa Indonesia” ujar Kania

Kania, yang sering disapa Keys itu menegaskan apabila kita dapat berbicara bahasa Inggris sangatlah beruntung, sebab dewasa ini kita semua dihadapkan pada era globalisasi, hampir semua barang produk luar negeri memakai kata-kata bahasa Inggris seperti Komputer, coba pikir apabila kita belum mengerti bahasa inggris, apakah kita bisa mengoperasikan computer?  Selain itu manfaat lain kita mengerti bahasa inggris, dalam dunia kerja, apabila kita melamar sebuah perusahaan (asing), format lampiran pekerjaan yang diajukan salah satunya harus memakai bahasa inggris, misalnya Curiculum Vitae.

Jenis perlombaan. Jenis kompetisi yang diselenggarakan pada tahun ini sebagai berikut, LCT/cerdas cermat (diikuti siswa/I SD), story telling dan puzzle (khusus SMP) debating contest dan singing (khusus SMA).

Peserta lomba, peserta lomba pada English week competition ini, diikuti siswa/I SD, SMP, SMS/MA/SMK se-kabupaten Banjar, Ciamis, dan Tasikmalaya.

Karena English week competition ini, diikuti oleh siswa/I 3 kota yang berkompeten, maka bagi peserta yang berpartisipasi pada event ini, dibutuhkan perjuangan dan waktu lama untuk prepar dan latihan serius supaya tampil maximal.

Sebut saja ade kecil kita ini, namanya Gusvina (SD Al Muttaqin Tasikmalaya) untuk mengikuti English week competition ini, dibutuhkan waktu 2 minggu untuk berlatih supaya tampil maximal. “agar tampil maximal, kami berlatih selama 2 minggu, selain itu dibutuhkan perjuangan dan pengorbanan, supaya kami menjadi the winner, he…”ujar Gusvina semangatnya.

Proses kegiatan. Proses kegiatan English week competition ini berlangsung sukses dan lancar, sesuai yang harapan panitia. Hanya saja, ada beberapa kendala yang menjadi hambatan proses kegiatann ini berlangsung. Seperti diralatnya waktu pelaksanaan lomba, yang tadinya English week competition ini akan dilaksanakan tanggal 4 Desember menjadi tanggal 6-8 Desember 2010, hal tersebut disebabkan penyebaran surat edaran (ralatan) yang di tujukan kepada masing-masing sekolah tidak tepat waktu, demikian tersebut berhubung panitia menunggu Rokomendasi dari Dinas Pendidikan kabupaten Ciamis.

 

Maman Noer Zaman Class XI A

Baju Kopral/Citizen Journalism Forum (CJF)

SMK Miftahussalam Ciamis

 

 

 

 

 

 

 

 

Post Serupa

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on google
Google+
Share on telegram
Telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *