Gebyar UKBI Adaptif Merdeka Belajar Kabupaten Ciamis

1 min read

Mata Pelajar Indonesia bekerja sama dengan MGMP Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Ciamis, dan Balai Bahasa Jawa Barat pada tanggal 8,9, dan 12 September 2022 ini akan menyelenggarakan  Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Adaptif Merdeka Belajar.Tempat pelaksanaan kegiatan  melalui daring dan luring, yaitu melalui Zoom dan juga Lab sekolah masing-masing. 

Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan pelajar SMP Se-Kabupaten Ciamis siap Literasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) atau sebelumnya disebut sebagai ujian nasional untuk tingkat dasar dan menengah.  

Dengan penuh hormat, kami mengundang Bapak dan Ibu Guru Pengampu Pelajaran Bahasa Indonesia dan Peserta Didik Jenjang SMP se-Kabupaten Ciamis untuk ikut dalam kegiatan ini. 

Pelaksanaan kegiatan dibagi menjadi dua agenda sebagai berikut ini: Agenda pertama, adalah  diskusi terbatas dengan tema “UKBI dan Merdeka Belajar” yang akan menghadirkan pembicara  Dr. Syarifuddin, M. Hum. (Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Barat) dan  Dr. Asep Saeful Rahmat, M. PI., M. Si. (Kadis Pendidikan Kab. Ciamis). Dengan Pemantik          diskusi oleh Nana Ramdhana, S. S. (Ketua MGMP Bahasa Indonesia SMP Kab. Ciamis). Diskusi akan dipandu oleh Nizar Machyuzaar, S. S. (Ketua Mata Pelajar Indonesia). Untuk kegiatan diskusi terbatas ini, mengundang para  Guru Pengampu Bahasa Indonesia khususnya di Ciamis untuk ikut menjadi peserta. Pelaksanaan kegiatan  hari Kamis, 8 September 2022 pukul 10.00 s.d. 11.30 WIB melalui tautan Zoom  : https://bit.ly/3RABqVf

Agenda kedua, diperuntukan bagi perwakilan dari  setiap  SMP/ sederajat di Kabupaten Ciamis untuk punya kesiapan dalam  mengikuti UKBI Adaptif Merdeka Belajar. Tema kegiatan  ‘Pemetaan Literasi Produktif dan Reseptif.’ Pelaksanaan kegiatan, hari  Jumat, 9 September 2022 dengan tempat Laboratorium Komputer Sekolah masing-masing sekolah.  Sedangkan untuk pelaksanaan UKBI akan dilaksanakan hari  Senin, 12 September 2022 dengan waktu dibagi dua sesi.  Sesi I, pukul 08.00 s.d. 10.00 WIB dan Sesi II, pukul 10.00 s.d. 12.00 WIB.

Untuk kelancaran kegiatan, kami mengharapkan kesediaan bapak dan ibu guru serta peserta didik  tingkat SMP/ sederajat di Kabupaten Ciamis untuk terlibat dalam program ini.

2 Replies to “Gebyar UKBI Adaptif Merdeka Belajar Kabupaten Ciamis”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.