Gebyar Ultah Bapak Pramuka Dunia

 

S

enin 22 Pebruari, adalah Hari Ulang Tahun (HUT) bapak Pramuka Dunia, Robert Baden-Powell. Untuk memperingati hari bersejarah tersebut Oraganisasi Unit Protokol (UP) kabupaten Ciamis, menyelenggarakan lomba Geladi Tangkas Peraturan Baris-berbaris (GTPBB) se-Jawa Barat yang bertempat di halamat Gedung DPRD ciamis. Minggu (21/02) kemarin.

Dian Budiana selaku ketua panitia menuturkan, “Maksud dan tujuan diselenggarakannya event ini, untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) bapak Pramuka Dunia, Robert Baden-Powell yang terjadi pada tanggal 22 Pebruari 2010” tuturnya.

Ketua pelaksana, yang sekarang duduk di kelas XI SMAN 3 Ciamis ini menambahkan, selain dalam rangka memperingati hari bersejarah tersebut, event ini juga diselenggarakan dengan tujuan, untuk memperkenalkan baju Pramuka baru No.27 tahun 2007. hal yang membedakan baju baru ini dengan yang lama, terletak pada bagian “saku”, dimana pada baju baru ini ujung sakunya berbentuk sudut <900 (Lancip).

Peserta lomba, lomba Geladi Tangkas Peraturan Baris-berbaris (GTPBB) ini, diikuti oleh siswa/i SD/MI, SMP/MTS dan SMA/SMK/MA/MAN se-jawa barat. Peserta yang sudah mendaftarkan diri terekap sebanyak 93 group, SD 34 group, SMP 29 group dan SMA 30 group .

Dikarenakan ajang bergengsi ini, diikuti oleh siswa/i yang berkompeten se-jawa barat, tak jarang diantara peserta yang menyiapkan jauh-jauh hari untuk berlatih, dengan harapan dapat tampil maximal pada waktu pelaksanaanya. Bahkan mereka rela berpanas-panasan dan hujan-hujanan, karena dimata mereka panas dan hujan bukanlah alasan untuk dijadikan sebuah rintangan.

Seperti ade-ade penggalang SDN 6 Maleber Ciamis. Untuk mengikuti ajang bergengsi ini dibutuhkan durasi waktu berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan untuk mencapai target sesuai prosedur penilaian.”Untuk mengikuti geladi tangkas peraturan baris-berbaris ini, sangatlah menantang. Kenapa tidak? Pada ajang kompetisi lingkup provinsi ini, kami dituntut untuk bisa tampil maximal. Karena demikian itu, jauh-jauh hari kami mulai preparing dengan cara berlatih disiplin dan rutin, agar pada waktu hari H -nya kami merasa percaya diri dan tidak merasa canggung. Yah walaupun nyatanya kami dihadapkan dengan peserta-peserta yang lebih berkompeten” Ujar Hielmi (Pembina pramuka SDN 6 Maleber ciamis).

Sekitar jam 17.30, acara Geladi Tangkas Peraturan Baris-berbaris (GTPBB) selesai dilaksanakan. Selanjutnya penentuan dan pengumuman peserta yang memperoleh Rank tertinggi.

Pada waktu yang menegangkan, Dewan juri pun mulai merekap hasil penilaian lomba, setelah selesai akhirnya the winner pun dapat ditentukan.

Tanpa kompromi waktu, Panitia pun langsung mengumumkannya. “Juara pertama, dimenangkan oleh satuan…” suasana terdiam sejenak. Ternyata yang meraih juara 1 tingkat SMP adalah SMPN 1 Rajadesa Ciamis, dan tingkat SMA dimenangkan oleh SMAN 1 (Putri)Langkap pelancar Ciamis.

Itulah serangkaian proses acara Geladi Tangkas Peraturan Baris-berbaris (GTPBB)se-jawa barat, yang diselenggrakan oleh Organisasi Unit Protokol (UP) kabupaten ciamis. Seluruh Panitia event ini merasa bangga, karena dari awal sampai akhir, acara ini sukses terlaksanakan dengan lancar tanpa hambatan apapun .

 

 

Maman Noer Zaman

Barudak Jurnalis Koran Priangan (Baju Kopral)

Dan Herdis Supriyadi

Citizen Journalism Forum (CJF)

Class XI A SMK Miftahussalam Ciamis

 

 

 

 

Post Serupa

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on google
Google+
Share on telegram
Telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *