Guruu……

Andai aku jadi guru.

Tak terbayang sedikitpun di benakku bagaimana jadinya kalau takdir menentukan suatu saat nanti aku akan menjadi seorang guru. Aku memang suka menjelaskan sesuatu. Namun agaknya aku samasekali belum memiliki mindset yang kuat akan peran seorang guru bagi bangsa dan agama.

Padahal, guru memegang sosok penting di balik suksesnya suatu bangsa. Tidak percaya? Bisa lihat contoh-contoh Negara Maju di Dunia. Jepang, kita tahu mereka sangat menjunjung tinggi profesi seorang guru. Bahkan, ketika mereka dihancurkan oleh bom atom Amerika, hal pertama yang ditanyakan oleh Jendral Perang mereka ketika keadaan mereda adala, “Bagaimana nasib para guru..??”. Ketika dijawab bahwa mereka selamat, aura positif merebak di dada sang Jendral. Dan terbukti, kini, Jepang adalah Negara Besar dengan kemajuan teknologi yang pesat. Jepang adalah negara satu-satunya yang menjadi pesaing Amerika dalam kemajuan teknologinya. Tentu itu dipengaruhi oleh pendidikan yang kuat sehingga menghasilkan bibit-bibit ilmuan yang hebat. Itu berawal dari guru

 

Bagaimana di Indonesia..?

Menjadi Guru seolah adalah pilihan terakhir bagi mayoritas pelajar kita saat ini. Mereka cenderung memilih menjadi bussinessman, Menteri atau profesi lain yang mereka anggap lebih bergengsi dan lebih menjanjikan. Jika guru generasi masa depan berasal dari sebuah keterpaksaan, apa jadinya sang murid..?

 

Apa Masalahnya..?

Coba lihat di negara Thailand. Guru disana kalau dihitung di Indonesia memiliki gaji sekitar 30 Juta per bulan. Jika kita menengok Indonesia, tentu akan malu. Disini para Pahlawan Pembentuk Generasi Bangsa itu di gaji hanya sekitar 2-3 Juta per bulan. Tentu yang terjadi di Thailand adalah Luar biasa. Mereka begitu memperhatikan profesi guru. Sehingga berani memberikan gaji yang luar biasa memotivasi banyak orang di sana untuk menjadi guru. Dan lagi-lagi terbukti, meski masih berkembang, Thailand bisa lebih baik dari negeri kita ini.

 

Lantas, apa yang bisa kita lakukan untuk guru kita..?? Dengarkanlah hai kau yang duduk di kursi kekuasaan sana..!!

Post Serupa

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on google
Google+
Share on telegram
Telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *