Hatam Alquran, dalam Satu Jam

Bulan ramadhan adalah bulan penuh berkah dan ampunan. tak heran orang-orang muslim di seluruh pelosok dunia berlomba-lomba mengerjakan amal kebaikan, mereka rela mengorbankan segalanya (baik itu waktu, harta) hanya untuk mengisi bulan suci ini yang sering disebut Raja Bulan itu.

Sobat Mata Pelajar tau gak? Banyak cara yang dilakukan umat Islam untuk mengisi bulan penuh ampunan itu dengan kegiatan-kegiatan penuh manfaat. Di Ciamis tepatnya di Pondok Pesantren Miftahussalam  pada hari Kamis (26/08) puluhan santriwan dan santriwati  menggelar acara Hatam Alqur’an dalam waktu semalam, percaya gak? Acara yang dimulai pukul 20.00 WIB, selesai dalam durasi waktu 1 Jam (sampai 21.00 WIB), wih…gimana caranya?

Kegiatan hataman Quran semalam ini, bukan berarti masing-masing santri harus membaca quran sampai hatam, tetapi yang dimaksud Hatam disini, Al Quran yang terdiri 6.666 ayat dibaca puluhan santri dalam waktu bersamaan dengan cara dibagi-bagi. Masing-masing santri membaca qurannya bervarian, ada yang kebagian satu Juz, setengah juz bahkan yang  satu lembar juga ada, hal itu tergantung kemampuan masing-masing santri.  

“Kegiatan hataman Quran ini merupakan kegiatan tahunan yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya dengan tujuan dalam rangka memperingati Nuzulul Quran, kebetulan pada tahun ini jatuh pada tanggal 26 agustus, selain itu kegiatan ini juga untuk melatih seluruh santri untuk memantapkan nilai-nilai ibadah selama suci ramadhan” kata Wahyudin, pengurus Ponpes Miftahussalam kepada Baju Kopral.

Setelah acara hataman selesai, seluruh santri yang dipandu pengurus melaksanakan doa bersama, mereka berharap dibulan suci ini mendapat keberkahan dan diberi kemudahan dalam menjalani kehidupan di alam pana ini.


Maman Noer Zaman
(Baroedak Jurnalis Koran Priangan)
baJu koPraL

Post Serupa

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on google
Google+
Share on telegram
Telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *