"HAUL & MILAD PONDOK PESANTREN AL-QUR'AN CIJANTUNG"

Ahad(13/06)podok pesantren Al-Qur’an cijantung mengadakan milad & haul.Haul berasal dari bahasa arab yang berarti tepung taun.Haul merupakan kegiatan rutin di P.P Cijantung,satiap satu tahun sekali.Haul dilaksanakan sebagai pengkhidmatan atau penghormatan kepada pendiri pondok pesantren,yakni K.H Mochammad Siradj.Dan mengingat jasa-jasa nya dalam mengajarkan ilmu,baik ilmu sosial maupun agama yang kini di teruskan oleh putra-putri nya,dan segenap keluarga besar nya.

Pada pelaksanaan Haul kemarin,juga memperingati hari kelahiran P.P Cijantung atau yang biasa disebut Milad,Milad ini merupakan Milad yang ke-75.disamping itu juga diadakan peresmian perpustakaan pesantaren.

 Pihak yang ikut berpartisipasi dan berperan dalam palaksanaaan Haul antaralain,panitia pengarah yaitu Drs.H.Asep Basirun sebagai ketua,dan panitia pelaksana yaitu Said Attanjani S.sos sebagai ketua,serta para santri pondok pesantren AL-qur’an Cijantung.

Haul dilaksanakan setiap tanggal 1 Rajab,yang merupakan hasil dari kesepakatan keluarga besar P.P Cijantung.Pada pelaksanan haul kemarin biaya yng dikelouarkan sekitar Rp 30.000.000,- dana tersebutdari swadaya pesantren dan dari simpatisan serta dana yang didapatka dari alumni P.P Cijantung.

Pelaksanan haul juga dihadiri oleh Bpk. wakil bupati,Bpk.Iing S MM,Bpk.wakil diknas,Bpk.Kementerian wilayah jawa barat,dan Direktur Kementeran Depag Pusat Dr.Amin Haedari M.pd dan di hadiri oleh tok0h alim ulama  dan para pimpinan pondok pesantren se-kabupaten Ciamis.

Jumlah tamu undangan adalah 500 orang,dan jumlah seluruh peserta adalah kurang lebih 1.500 orang.Manfaat diadakan haul ini antaralain untuk menghormati pendiri P.P Cijantung,meningkatkan semangat ghiroh(perjuangan) untuk para alumni agar menjadi contoh teladan yang baik bagi masyarakat sekitar.

 

 

 

 

oleh:miftah,shofy,rina.s

 

 

 

 

 

Post Serupa

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on google
Google+
Share on telegram
Telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *