Jambore Rohis, Dahsyat!

 

Sobat MATA PELAJAR bagaimana kabarnya hari ini….? Pastinya Alhamdulillah Dahsyat….AllahuAkbar..!Sedahyat kegaiatan JAMBORE ROHIS Se-kab/kota Tasikmalaya yang dilaksanakan pada jum’at 30 Juli – Minggu 1 Agustus 2010.Kegitan yang di ikuti sekitar 400 peserta dari beberapa sekolah di Kota/Kab Tasikmalaya ini dilaksanakan di Bumi Perkemahan Jabal Thorik Kadipaten Tasikmalaya. Kegiatan ini adalah hasil kerjasama Iqro Club Kab/kota Tasikamalaya,TRIGER-P atau Training Generasi prestatif dan Ikatan Pelajar Muslim Tasikmalaya alias IPMT dll.

Kegiatan ini dibuka secara simbolis oleh Bapak Munawar kelapa dinas Sosial dan tenaga kerja yang mewakili Bupati yang berhalangan untuk hadir.Beliau mengungkapkan sengat mengapresiasi dengan kegiatan JAMBORE ROHIS ini.”Para pemuda adalah harapan dimasa depan.Makanya dengan kegitan ini bapak berharap para peserta JAMBORE ROHIS dapat menjadi pemimin di masa depan”ungkapnya.

“JAMBORE ROHIS ini bermaksud mengumpulkan semua anggota dan aktivis Rohis SMA di seluruh Tasikmalaya,dan organisasi-organisasi pembinaan Islam yang lainya untuk menjadi sarana guna menyatukan visi,menyatukan misi menyatukan langkah dan arah kegiatan serta menyatukan tujuan,sehingga Rohis dapat memberikan kontribusi dalam pembentukan generasi muda.”ungakap ust.Endang Bahrum Ketua pelaksana kegiatan ini,sehingga kegiatan ini bertemakan “Berderap Melangkah Menuju Kejayaan”.

Banyak sekali  kegiatan yang dilaksanakan dalam JAMBORE ROHIS ini dintarany a perkemahan..Perkemahan merupakan suatu kegiatan yang menaik untuk meningkatkan keyakinan dan ketakwaan kepada Allah SWT selain silaturahim dan ukhuwah,juga membina mental,percaya diri kemandirian,kerjasama,gotongroyong dan melatih hidup bersahaja dan berswadaya.

Selain kegiatan perkemahan dilaknakan pula kegiatan Lokakarya Peradaban.Kegaiatan ini adalah kegiatan puncak dan inti dari KAMBORE ROHIS ini.Kegiatan ini mendatangkan pemateri yang dahsyat…yaitu Ust.Darlis Fajar,S.S dari kota Bandung.Materi yang disampaikanya pun dashyat dan mampu memicu semangat yang luar biasa..Beliau mengungkapkan “mukmin yang kuat hidup bukan untuk hidup tetapi mukmin yang kuat hidup untuk yang Maha Hidup”.Diakhir kegaitan Lokakarya para peserta menyatakan  Irar Pelajar Kota/kab Tasikmalaya.Irar ini adalah komitmen Rohis dan pelajar Kota/kab Tasikmaya untuk bersungguh-sungguh dalam mengemban misi dakwah di Kota/Kab Tasikmalaya agar Kota Santri bukan hanya semboyan saja.

Adapula kegiatan Malam Ukhuwah yang malam yang sangat menaraik.Karena dalam kegitan ini sungguh terasa kedekatan ukhuwahnya,walaupun berdeda sekolah.Dalam kegiatan ini ada api ungun,pentas seni,simulasi dan muhasabah.Muhasabah dipimin oleh UstAbu Fauzana,banyak dari peserta yang meneteskan air mata.

Selain kegiatan diatas banyak lagi kegiatan yang dilakukan di JAMBORE ROHIS ini,dinatarnya bakti social,forest learning yang merupakan sarana penambahan ilmu pengetahuansecara teoritis dengan metode pengetahuan

Ada pula kegiatan lomba-lomba yang terdiri dari perlombaan keterampilan dan wawasan,perlombaan olahraga,perlombaan seni dan perlomban.Semua lomba itu meperebutkan 55 medali emas,55 pedali perak dan 55 medali perunggu.Perlombaaan dimulai dari jum’at 30 Juli sampi Minggu 1 Agustus 2010.

Kegiatan Jambore Rohis ini di tutup secara resmi pada hari Minggu 1 Agustus 2010.Diakhir acara, Sang Juara Jambore Rohis telah ditentukan.Juara Jambore Rohis dibagi menjadi dua yaitu Juara umum yaitu kafilah yang paling banyak mengumpulkan medali emas dan juara Terbaik Kegiatan Jambore Rohis 2010. Juara umun Jambore Rohis 2010 diraih oleh Rohis SMAN 1 Tasikmalaya yaitu GEMA dengan perolehan 8 medali emas,1 medali perak,dan 1 medali perunggu,berhak mendapatkan piala tetap.Sedangkan Juara terbaik kegiatan JAMBORE ROHIS diraih oleh Rohis SMAN 1 Ciawi-Tasikmalaya yaitu IMADA alias Ikhwah Masjid At-Tajdidiyah dengan perolahan 4 medali emas,6 medali perak,dan 8 medali perunggu dan berhak mendapatkan piala dan mascot JAMBORE ROHIS bergilirir.Insyaallah kegaitan ini akan dilaknakan 2 tahun sekali.

Mudah-mudahan dengan adanya kegaiatn JAMBORE ROHIS ini,rohis yang ada di Kota/Kab Tasikmalaya mempunyai tujuan yang sama yaitu menjadi kader terbaik untuk tegaknya dakwah Islam di Kota/Kab Tasikmalaya.Ingat istiqomah itu adalah komitmen dan tidak banyak alasan. “Berderap Melangk
ah Menuju Kejayaan”
.AllahuAkbar…!

We  Are New Moslem Generation

 

Wildan Nuruzzaman
SMAN 1 Ciawi-Tasikmalaya
KOPER JUARA (KOmunitas PElajaR JUrnalis tAsik utaRA)



 

 

 

 

 

 

 

Post Serupa

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on google
Google+
Share on telegram
Telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *