Java Student Competition

MENGEMBAN spirit keilmuan, teknologi, kebahasaan, seni, dan olahraga, di awal semester genap ini OSIS SMA Al Muttaqin akan menyelenggarakan sebuah event organization (EO) besar. EO tersebut merupakan gabungan dari ASC (Al Muttaqin Science Challenge) V, LAC (Language and Art Contest) IV, dan Futsal Challenge I dengan nama acara JSC (Java Student Competition).

Awal pembentukan JSC ini memang diwarnai dengan pelbagai argument dan pemikiran, baik dari para guru, OSIS, dan beberapa pihak terkait lainnya. Salah satunya adalah alumni.

Selain karena dari masing-masing bidang acara memiliki subacara yang membutuhkan banyak panitia, yang menjadi tantangan yang begitu besar adalah hampir semua lomba yang diselenggarakan se-Pulau Jawa yang terdiri dari Provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Banten, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Putusan se-Pulau Jawa ini berdasar pada progresivitas dari tahun ke tahun. Jika di ASC IV dan LAC III dilaksanakan se-Jawa Barat, maka dengan banyaknya siswa di SMA Al Muttaqin dan semangat untuk terus majunya sangat tinggi, maka JSC digulirkan.

Sejak September lalu, sudah dibentuk panitia inti yang terdiri dari R. M. Abadi dan Premanahadi (Ex Officio), Wegantara (Ketua Pelaksana), S. A. Deliabilda (Sekretaris Umum), Sitoresmi M. B. (Ketua Umum LAC IV), Sabrina Hanum (Ketua Umum ASC V), Rizkiadi N. W. (Ketua Umum Futsal Challenge), Ari Wirahyani (Panitia Inti ASC V),  Mutiara M. C. (Panitia Inti LAC IV), Isty Istiqomah dan Dwi Yulia (Bendahara), serta Fitri Afriyani (Sekretaris).

Bertajuk “Pekan Kreativitas dan Inovasi Pelajar se-Pulau Jawa”, di JSC ini akan diselenggarakan sekira sepuluh lomba dan sebuah pameran. Sabrina mengungkapkan bahwa untuk ASC terdiri dari 4 (empat) lomba. “Keempat lomba tersebut berkaitan dengan sains dan teknologi. Dan ada beberapa lomba ASC sebelumnya yang diselenggarakan kembali.”

Serupa dengan jumlah di ASC V, LAC IV juga akan menyelenggarakan 4 (empat) lomba. “Karena namanya juga Language and Art Contest, maka lomba yang ditonjolkan di LAC ini berkaitan dengan bahasa dan seni. Beberapa lomba unggulan LAC sebelumnya juga akan diselenggarakan kembali.” ujar Sitoresmi.

Sedang untuk olahraga, Rizkiadi mengungkapkan hanya akan menyelenggarakan futsal saja. “Selain baru pertama kali diselenggarakan secara ekstern, juga sangat membutuhkan waktu dan tempat yang cukup banyak.”

Adapun satu lomba lagi yang akan dilaksanakan. Lomba ini merupakan irisan dari ASC dan LAC, yakni Quiz Contest. Lomba ini merupakan soal-soal sains dan lingkungan hidup yang berbahasa Inggris.

Sebagai langkah awal untuk menyukseskan acara yang akan diselenggaarakan dari tanggal 2-7 Maret ini, maka selama tiga hari kemarin, 7-9 Januari, beberapa panitia ‘terbang’ ke Bandung dan Jakarta untuk hearing dan pengajuan surat serta proposal.

Insya Allah, JSC akan dibuka oleh Presiden RI, Bapak DR. H. Susilo Bambang Yudhoyono. Lomba-lombanya pun akan memperebutkan piala-piala bergengsi. Seperti Piala Mendiknas, Piala Menristek, Piala Mentan, Piala LIPI, Piala Gubernur, dan beberapa piala lainnya. Bahkan, jika tidak ada halangan, di akhir acara, ketua KIR LIPI direncanakan akan menghadiri JSC.

Sebelumnya, sudah diajukan surat kepada Kepala Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya dan Walikota Tasikmalaya. Mereka sangat mendukung acara ini. Karena se-Pulau Jawa dan mengundang para pemimpin negeri, JSC ini bukan hanya ‘milik’ OSIS SMA Al Muttaqin, juga ‘milik’ Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya.

Untuk soal-soal audisi, panitia bekerjasama dengan mahasiswa ITB yang pernah menjadi juara olimpiade, baik nasional maupun internasional. Seperti apa acaranya? Pantengin terus perkembangan beritanya ya…

Post Serupa

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on google
Google+
Share on telegram
Telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *