Jelang Tahun Ajaran Baru

Menjelang  tahun ajaran baru, setiap orang tua sibuk dengan persiapan sekolah putra – putrinya. Mulai dari seragam sekolah sampai perlengkapan yang terkecil. Situasi seperti ini dimanfaatkan oleh beberpa orang dengan berjulan alat tulis di sekitar pasar Ciamis. Banyak pedagang baru di pinggiran jalan  yang berdagang alat sekolah.

Suasana seperti ini tentu mengundang beragam komentar dari berbagai pihak, terutama konsumen dan pedagang tetap di sekitar pasar. Disatu pihak, suasana seperti ini merugikan pedagang yang sudah menetap, karena menjadi banyak saingan. Tapi bagi konsumen ini memberikan sedikit keuntungan, dengan banyaknya pedagang baru yang berjualan di pinggir jalan,  menjadi lebih leluasa memilih alat tulis sesuai yang di inginkan. “ia jadi lebih bebas milih, banyak pedagangnya” tutur salah satu konsumen.

Suasana seperti ini memang sudah menjadi kebiasanaan setiap tahun ajaran baru, khususnya di pasar Mani Ciamis. “ah ieu mah unggal taun ge sami, janten seeur nu icalan” ujar Muhammad, salah satu pembeli

Post Serupa

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on google
Google+
Share on telegram
Telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *