KECANGGIHAN TEKNOLOGI DI BIDANG PERTANIAN

 

 

Di Era globalisasi ini sering kita temukan berbagai macam alat teknologi terutama di dunia industri seperti pada alat-alat pembuatan pesawat terbang, pembuatan sepeda motor, dan lain-lain.

Tak kalah pentingnya juga di dunia pertanian, terdapat beberapa alat teknologi pertanian yang digunakan oleh petani khususnya di Kabupaten Ciamis untuk mempermudah dalam mengerjakan aktifitasnya.

Seperti beberapa alat teknologi yang dipamerkan oleh kelompok tani pada acara HKP (Hari Krida Pertanian ) Kabupaten Ciamis yang diselenggarakan hari Senin (21/6) sampai Rabu (23/6) di lapang sepak bola Dewasari Ciamis.

Adapun beberapa macam alat yang dipamerkan diantaranya Transplanter tanam padi yang berfungsi untuk memudahkan dalam penanaman padi, Power Weeder mesin penyiang padi, Appo alat pengolahan pupuk organik, Padi Mower alat panen padi. Alat tersebut didatangkan langsung dari Jepang, sayangnya di Indonesia baru terdapat dua alat saja yaitu di Pulau Jawa tepatnya di Ciamis dan Kalimantan.

Harganya juga sangat menjanjikan loh, misalnya Mesin Transplanter  tanam padi, harganya mencapai Rp.75.000.000,00 perbuahnya. Harga tersebut mungkin bisa dibilang mahal tetapi apabila dilihat hasilnya sangat mangejutkan, bayangkan saja satu hektar sawah pada proses tanam mundur (tandur) bisa dikerjakan dalam waktu singkat yaitu sekitar 1 jam.

Jika Saba Sakola ingin melihat sekaligus mempergunakan alat-alat tersebut, kunjungi saja CV. UPJA Panca Tani yang beralamat di kecamatan Banjarsari Ciamis.

 

 

Nita.N.F dan Euis.N (X-B)

SMK Miftahussalam Ciamis

Baju Kopral 2010

 

Post Serupa

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on google
Google+
Share on telegram
Telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *