Literasi Dasar di Asesmen

MPI (31/10)– Literasi dasar membaca, menulis, dan menghitung.

Sumber: Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Kemdikbud

Mata Pelajar Indonesia siap melakukan pendampingan bagi Anda yang ingin mengasah literasi dasar calistung.

Kompetensi pengetahuan generasi milenial membuat kurikulum yang dirancang pemerintah menitikberatkan pada kompetensi bahasa, yakni membaca, menulis, menyimak, dan berbicara.

Disiplin ilmu seperti mata pelajaran dipahami dengan utuh manakala generasi milenial menempatkan materi ilmu pengetahuan berbasis analisis teks.

Literasi dasar calitung mengantarai generasi milenial untuk untuk masuk ke era society 5.0 yang mensyaratkan melek berhitung (numerasi), melek ilmu (literasi sains), melek teknologi informasi (literasi digital), melek keuangan (literasi finansial), dan melek berwarganegara (literasi budaya dan kewargaan).

Sehubungan dengan ini, pemerintah melalui Kemdikbud merancang tes pengganti Ujian Nasional (UN) menjadi Asesmen Nasional (AN) sebagai perubahan cara pandang penilaian evaluatif ke prediktif di jenjang SD, SMP, dan SMA/SMK.

AN menyertakan kompetensi minimum (AKM) yang harus dimiliki generasi milenial sebagai peserta didik. Berikut adalah komponen AKM yang dikutif dari Pusat Asesmen dan Pembelajaran Kembdikbud.

untuk menghadapi tantangan ini, MPI menyiapkan berbagai program literasi, seperti teknik baca cepat, diklat penulisan jurnalistik, diklat penulisan buku cetak dan elektronik, program persiapan dan uji coba AKM, dsb. (NZ)

Post Serupa

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on google
Google+
Share on telegram
Telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *