Mengaji Diri Dengan Dakwah Lewat Puisi

     Ternyata meski di bulan Ramadhan, kancah puisi tak surut. Ini terbukti dengan banyaknya peserta Lomba Baca Puisi Islami tingkat SLTP/sederajat dan SLTA/sederajat yang digelar oleh Teater Elips SMA 2 Tasikmalaya.

    Antusias sekali para peserta, meski dalam kondisi puasa yag bagi sebagian orang menganggapnya melelahkan. Tapi semangat peserta patut diacungi jempol. Satu-persatu tampil membacakan puisi dengan bermmacam gaya dan ekspresi. Tapi itu tidaklah salah. sah saja. Silakan peserta memahami, menikmati, menghayati dan mengekspresikan apa yang mereka baca, toh yang mereka pakai itu adalah pemaknaan universal sebagai apresiator.

    Menurut Panitia LBPI, adapun kegiatan ini bertujuan untuk lebih mempererat tali silaturahmi sekaligus media dakwah dalam mengisi libur puasa sesuai dengan temalomba yaitu “Berdakwah Melalui Puisi”. dan juga daripada malas-malasan di rumah tak ada yang dikerjakan, mending ikut sajajadi peserta untuk menambah pengalaman sekaligus menjadi da’i lewat puisi.

     LBPI ke 2 ini, diselenggarakan di kampus SMA 2 Tasikmalaya selama 2 hari, 13-14 September 2009. Hari pertama yang merupakan babak penyisihan, para peserta semangat sekali saling berlomba untuk dapat masuk final. Para Juri pun sedikit kesulitan untuk memutuskan siapa-siapa saja yang berhak masuk final. karena dengan adanya LBPI ini jadi terlihat bahwa perkembangan baca puisi di Tasikmalaya begitu pesat dan peserta itu bagus-bagus semua. Akhirnya, setelah memlalui beberapa pertimbangan dan adu argumen yang alot, dewan juri memutuskan para finalis. Untuk tingkat SMP/sederajat 10 finalis dan untuk SMA/sederajat ada 15 finalis.

      Di hari kedua LBPI, para finalis dituntut kerja keras untuk dapat memukau dan menarik perhatian para Juri. semua tenaga ekstra pun dikeluarkan. Akhirnya, keputusan dewan juri pun mutlak dan di dapat satu keputusan. Untuk Jawara LBPI ini, Tingkat SMP/ sederajat Juara 1 diraih oleh Tuftia Rufaidah dari SMP N 16 Tasikmalaya, Juara 2 diraih oleh Annisa Setiana dari SMP N 2 Tasikmalaya, dan Juara 3 diraih oleh Irfa dari SMP N 1 Tasikmalaya. untuk Juara Harapan 1 dimenangkan oleh Dede Novy dari SMPN 16, Harapan 2 oleh Tomy Kurniawan, dan Harapan 3 oleh Mulhimatul R dari SMP N 1 Tasikmalaya. Untuk tingkat SMA/sederajat, Juara 1 diraih oleh Iyara Nadia Kasih dari SMA N 2 Tasikmalaya, Juara 2 oleh Iis Isnaeni dari SMKN 1 Tasikmalaya, dan Juara 3 oleh Siti Awaliyati dari SMA Al Muttaqien. Untuk Juara Harapan 1, diraih oleh Violetta dari SMA Pasundan 2 Tasikmalaya, Harapan 2 oleh Dali Nur’aeni dari MAN Tasikmalaya, dan Harapan 3 oleh Yusuf  Zaelani Azis dari SMA Pasundan 2 Tasikmalaya.

Selamat kepada para pemenang.

      LBPI kali ini diisi pula oleh Tausiyah dari “Santri Kalong”, Ustad Usman dan Ustad Irwan. Juga diisi oleh pagelaran kolaborasi tari Tambur dan dan Tari Selendang Sukma dipadukan dengan Rampak Kendang dari Teater Bolon Tasikmalaya .

      Panitia berharap, untuk ke depannya, para peserta mampu untuk berdakwah bukan hanya melalui puisi saja. Tapi lewat media apa pun yang bisa menjadi ruang dakwah.    Kesuksesan LBPI yang ke 2ini tak lepas dari bantuan semua pihak. Terutama kepada Teater Windu Tasikmalaya yang selalu memberi suport dan dari awal sampai akhir.

      Maju terus perpuisian Tasikmalaya 

Post Serupa

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on google
Google+
Share on telegram
Telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *