Menghargai Proses

44 sec read

Belajar dari bunga yang mula-mula hanya sebuah batang yang kecil sampai menjadi tumbuh besar dan indah, dari pohon kelapa yang mula-mula hanya beberapa centi meter saja, dari penciptaan manusia yang berawal dari sebuah sperma dll.

Itu semua tidak akan terjadi tanpa sebuah proses tertentu. Bahkan seluruh alam ini mengajarkan kepada kita akan pentingnya sebuah proses. Begitu pentingnya sebuah proses, banyak trainer-trainer yang mengajarkan tentang menghargai proses. Sebut saja Bung Candra seorang trainer muda yang memiliki omset miliaran rupiah. Dalam trainingnya beliau mengibaratkan kehidupan ini dengan kupu-kupu, yang terlebih dahulu melalui metmorfosis hidup. “perubahan hidup seringkali saya ibaratkan sebagai metamorphosis, saya ambil dari satu hewan namanya kupu-kupu”. Tuturnya

Dalam trainingnya beliau menceritakan tentang kehidupan pribadinya yang berliku-liku, mulai harus mengantar kue ke pasar dll. Lantas apa yang membuatnya berubah? “Menghormati Proses” itulah kata pertama yang dikatakannya dari lima prinsip kesuksesannya. Memang proses sangat menentukan kehidupan kita. Memang benar, kebanyakan orang sukses di negeri ini melalui proses yang berliku. Dan itu sangat bertentangan dengan kebanyakan prinsip anak muda sekarang yang menginginkan semuanya serba instan.

Itu artinya tahapan-tahapan yang menyimpan banyak rahasia, tidak di dapatkan para generasi bangsa zaman ini. Oleh karena itu, marilah kita belajar menghargai sebuah proses, sekecil apapun proses yang kita tempuh akan sangat berarti apabila kita memahaminya.

BEDAH NOVEL PANDU HAMZAH

SEBUAH WILAYAH YANG TIDAK ADA DI GOOGLE EARTH Oleh Asep Chahyanto
Nizar Kobani
2 sec read

PERKAWINAN PUISI LIRIK DAN HAIKU

Oleh Hikmat Gumelar (Disampaikan dalam Diskusi Buku Puisi Gema Tanpa Sahutan Karya Acep Zamzam Noor pada acara Vakansi Buku MPI 2023, 17 Juni 2023,...
Nizar Kobani
11 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *