PACAR-PACAR MASA SILAM

 

 

cerpen


Hari Jum’at siang di Sekolah selalu rutin ngadain mentoring.”Zak…kamu rajin banget ikut mentoring…?” kata Azzam sambil makan Mie Ayam Mas Yanto di depan sekolah.Biasa kalo lapar selalu ke sini.”Yah….kan enak kalo kita mentoring bisa curhat ma ustadz”jawabku.”Aduh…rasanya aku gak bisa mentoring nih Zak,aku ada keperluan keluarga yang mendadak….”cuap Azzam.”OK….tapi jangan lupa besok kita berangkat bareng”.

Tenang,,Assalamulaikum,,…”

Wa’alaikumsalam…Zam..”

Azzam merupakan sahabat dan saudara ku dari kecil.Jam tangan udah nunjukin pukul 01.00,berarti ku harus segera masuk untuk ikut mentoring.Kalo jam segini biasa banyak yang terlambat,tapi gak di hukum terlalu berat kok.Ya,…hanya push up 20 kali,hah…gak kebanyakan tuh…?Biasa yang jaga itu petugas dari DK (Dewan Keamanan) yang selalu siapa sedia.

woy…masuk udah siang…..!”.Kata Arjun yang selalu jaga di depan pintu gerbang sekolah.”Asslamulaikum,siang jun tumben sendiri Indri kemana ?”

wa’alaikumsalam….eh Zaki,kamu kok tumben gak sama Azzam.Biasanya kamu sama Azzam?”

O….Azzam…kenapa,kangen…?nggak tadi dia ada urusan keluarganya…terus kamu biasanya kamu ma Indri.kemana tuch…?”

Sebenarnya aku males ngobrolin tentang pacaran,ya…pacaran.Dulu aku pernah suka ma Indri tapi,ya…itu hanya perasaan nafsu aja.Arjun merupakan teman dekat Indri malahan udah pacaran.

Indri…! Dia sakit Zak,!”

Hah…sakit..?

Innalilahi,dari kapan dia sakit…?”

dua hari kemaren..”

ya,udah aku masuk dulu…jun”

yu…salam aja buat akhwat rohis..he..he”

Ajun memang pacaran ma Indri,tapi dia sulalu iseng ma akhwat rohis.Terus,yang anehnya banyak aktivis rohis yang pacaran sembunyi-sembunyi…? Ato terkena VMJ (Virus Merah Jambu) terus ada lagi CBSA (Cinta Bersemi Sesami Aktivis).Memang ini merupakan fomena yang terjadi.Astagfirullah….

Ukh,afwan mau nanya.Ustadz Tinonya udah ada belum?”Tanya Ardi kepada Ukhti Salma.

O…Ustadz Tino ya…tadi sich belum ada,tapi sekarang kurang tau tuch..afwan ya akh,ana ke depan dulu”Salma menghindar.

eh..tunggu dulu ukh,kalo boleh.Ana minta no HP nya Ustadz Tino,eh kalo bisa sama no ukhti”kata Ardi dengan nada agak tinggi.

Assalamulaikum….”

Wa’alaikumsalam..eh ustadz….”Ardi merasa kaget,tiba-tiba Ustadz Tino datang.

Yuk,kita mulai udah kesorean nich..”

Iya ustadz…”jawab Ardi.

****

Ok…ada yang ditanyakan sebelum kita tutup” kata Ustadz Tino yang sedang memberikan materi.

Kebetulan yang dibahas oleh ustadz tentang Cinta.Ini merupakan kesempatan buat aku untuk bertanya.

Begini Stadz…”

Ya,…gimana Zaki…?”

Gini,..saya mau nanya.Ustadzkan selau bilang ghodul bashor…jaga hijab…jaga hati…! Tapi nyatanya?dalam beberapa kesempatan banyak aktivis rohis yang melupakan hal itu”semua tegang…bahkan tidak ada suara sedikitpun yang terdengar.

ok..jadi gini,kita sudah tahu bahwa Cinta yang sejati itu hanyalah kepada Allah SWT dan Rasulnya.Selain itu hanya nafsu belaka,meskipun itu kepada Orang Tua sekalipun.Ya…menghadapi masalah itu ustadz punya kuncinya…”

kunci stadz,..? Tanya Ardi penasaran.

Memang apa kuncinya stadz,..?lanjut abdul.

Semua penasaran,apalagi yang ngerasa,semakin deg-degan aja hatinya.

sebelumnya,menurut kalian boleh gak pacaran dalam Islam?”Tanya Ustadz….

ya…boleh aja,,,tapi jangan terlalu….”kata Daud menirukan sura Rhoma Irama,semuanya tertawa.

Iya,memang boleh,,tapi ada sayatnya…”

Aduh,,,kok repot amatnya..”celetuk Daud.

Syaratnya adalah,tidak ketemuan,tidak memandangnya,tidak berduaan,tidak SMS-an,tidak bersentuhan dan yang paling penting adalah tidak diketahui oleh ALLAH!”terang Ustadz dengan jelas…

Semua bingung dengan penjelasan tadi.Bahkan ada yang bilang “udah aja bilang gak boleh pacaran,gitu aja kok repot”

ya..udah kalo tidak ada yang ditanyakan lagi,kita tutup dengan do’a kifaratul majlis”

******

Zak….tunggu bentar…? Teriak Ardi dari jauh.

Hah…hah..hah….”nafas ardi ngos-ngosan

tenang di,emang ada apa sich..?”aku berusaha menenangkan Ardi

gini zak,tadi waktu mentoring.Kenapa kamu tanyain hal itu pada Ustadz Tino?”Tanya Ardi

kamu juga pernah pacarankan..?terus kamu juga suka kan sama ukhti Salma…? Cerocosnya lanjut.

iya,memang aku pernah pacaran.Tapi itu dulu…terus urusan suka ma Ukhti Salma itu hanya perasaan biasa aja.”Jawabku.

Ah..kamu bohong..?”kata Daud datang-datang.

udah ngaku aja zak,gini kita ngobrol aja.Terus kita sling jujur ok..!”tawarnya..

iya,zak ini mah hanya buat diambil hikmah nya aja..”sahut Ardi

ok..kalo gitu,kita mulai aja dari kamu Daud..!”Kata ardi dengan semangat.

kalo aku sich udah pernah pacaran waktu kelas 3 smp,malahan sebelum itu juga aku pernah pacaran”terang Daud.

Hah…..”semua kaget dengan pernyataan Daud tadi,so dia kan ketua dewan syuro Rohis di sekolah.Memang penampilan hanya sesuatu yang gelap,ya..maksudnya gak kelihatan bagaimana dalemnya.

Gini,persisnya kamu udah pernah berapa kali pacaran ?”tanya Ardi.

udah 3 kali”jawab Daud singkat.

sekarang giliran kamu Di”cuap Daud kepada Ardi.Ardi dikenal sebagai yang Playboy,tapi walopun gitu dia rajin juga ikut acara rohis.

kalo aku sich kuarang lebih udah 5 kali pacaran,yang pertama putus karena udah keburu nikah ma orang lain,terus yang terakhir waktu pas masuk SMA.Tapi alhamdulillah dengan masuk nya ke Rohis aku udah tobat”Ardi menerangkan pengalamannya.

Ya..inilah aku sekarang,walaupun kelihatannya seperti playboy tapi itu dulu…..”tambahnya.

o….begituya…”Sahutku.Aku jadi teringat sama Ukhti Nazmi,dia merupakan temen deket aku (pacar) waktu di SMP.Tapi kita jadi pisah karena beda sekolah,sekarang dia mesantren.Sekarang aku dah tobat dan ,enemukan lingkungan yang baru semenjak ikut mentoring di sekolah.

Woy…zak…jangan ngelamun,sekarang giliran kamu”ardi menepuk pundak.

Nazmi”Jawabku pendek.

Emang ada apa dengan Nazmi..”tanya Daud.

Ia,dia merupakan pacar aku dulu waktu di SMP.Tapi waktu di sekolah kami belum paham bagaimana hukum pacaran sebelum menikah”

terus…”

ya..jadi dia tuh belum mengerti bahwa pacaran itu boleh tapi sesudah adanya pernikahan,emang apa enaknya sih pacaran?”tanyaku

Ada sich,tapi banyak gak enaknya palagi pas persoaalan keuangan.Aduh…semua jadi repot.Pelajaran ketinggalan,gak bisa konsentrasi”terang Ardi.

iya..aku juga negrasain seperti itu”jawabku.

eh..gak kerasa nih udah sore kita pulang bareng yuk..?”ajak Daud.

Gak kerasa udah sore,bahkan gak ada mobil umum yang melintas.Kami bertiga memang satu arah untuk pulang.

tuh ada angkot,yuk naik”ajakku.

Hari tersenyum.Akhirnya kami bertiga bisa berubah,insyaallah yang lain pun bisa.Bahkan harus biza……Suasana sore sangt romantis.Tapi kita hany manusia biasa,semoga kita bisa istiqomah.

masa lalu adalah guru yang terbaik”bisik Daud.Yang lain mengangguk,setuju…

Wildan Nuruzzaman

SMAN 1 CIAWI

KOPER JUARA (KOmunitas PelajaR JUrnalis tAsik UtaRA)

 

Post Serupa

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on google
Google+
Share on telegram
Telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *