REUNI AKBAR SMAN I CIAWI-TASIKMALAYA (I)

 

Sobat Mata Pelajar  bagaimana kabarnya hari ini ? Semoga  sobat semua berada dalam keadaan yang baik dan berada dalam lindungan Allah SWT. Sebelumnya saya ucapkan Minal Aidzin wal faidzin, mohon maf lahir batin. Bagimana nich dengan Idul Fitrinya sobat Mata Pelajar ?

            Sobat Mata Pelajar momen Idul Fitri ini adalah momen yang sangat pas untuk kita menjalin tali silaturahmi antar ummat Islam. Karena ummat Islam itu bagaikan satu tubuh, jika salah satu anggotanya sakit maka anggota yang lainpun merasakan sakitnya. Nah..kali ini SMA Negeri 1 Ciawi- Tasikmalaya telah mengadakan kegiatan yang luar biasa. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Minggu 3 Syawal atau 12 September 2010 ini bernama TEMU ALUMNI REUNI AKBAR 2010.

            Sobat, SMA Negeri 1 Ciawi- Tasikmalaya sebagai Sekolah Standar Nasional (SSN) dan menuju Rintisan  Sekolah Berstandar Internasional (RSBI) ini  berdiri sejak tahun 1979 yang kini, pada usianya yang tergolong dewasa ini banyak memeberikan kontribusi terhadap pembangunan Negara, khususnya dalam rangka mencerdaskan kehidupan Bangsa. Kini sekitar 28 angkatan lulusan atau angkatan alumni yang terdiri dari lulusan angkatan 1982 sampai dengan 2010 yang tersebar dipelosok nusantara bahkan di berbagai negara, telah menjadikan SMA Negeri 1 Ciawi- Tasikmalaya menjadi salah satu kekuatan dengan potensi besar dan dapat diperhitungkan SDM yang dapat bersaing dalam mengisi kesepakatan hidup dan pembangunan Negara.

            Sejarah adalah bagian penting bagi kehidupan.Bahkan Bapak Proklamator kita mengatakan bahwa Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan sejarahnya. SMA Negeri 1 Ciawi- Tasikmalaya pada awalnya berkedudukan tempat belajar siswanya menggunakan gedung SMPN 1 Ciawi-Tasikmalaya selama kurang lebih 1,5 tahun dengan siswa angkatan 1979/1980 dan angkatan 1980/1981 kurang lebih 400 orang. Kemudian menempati gedung baru hasil pembangunan yang berkedudukan di Jalan Pasirhuni No.10 Ciawi-Tasikmalaya, yang diresmikan oleh salah satu tokoh Ciawi yang menjabat sebagai Kepala Kantor Wilayah (KAKANWIL)Provinsi Jawa Barat yaitu M.Saud Swarman.

            Kegiatan ini pun dihadiri oleh para guru-guru yang masih aktif mengajar maupun guru yang sudah pensiun. Serta dihadiri oleh para alumni mulai angkatan 1982-2010 yang tergabunng dalam 29 angkatan.Tidak ketinggalan dihadiri pula oleh orang nomor satu di salah satu Universitar terkemuka di Indonesia yaitu Prof.Dr.der.soz. Gumilar Rusliwa Somantri (82) yaitu alumni pertama dan kini menjadi Rektor Universitas Indonesia (UI) dan Drs.H.Bambang Heri Purnama,ST,MH (87) yaitu penggagas terlaksananya kegiatan TEMU ALUMNI REUNI AKBAR 2010 yang juga sebagai anggota DPR RI.

            Alhamdulillah kru KOMUNITAS PELAJAR JURNALIS TASIK UTARA (KOPER JUARA ), dapat berbincang dengan Prof.Dr.der.soz. Gumilar Rusliwa Somantri. Inilah petikan wawancaranya.

            Assalamualaikum,maaf pak boleh minta waktunya sebentar untuk wawancara ?”

            “Waalaikumsalam,iya boleh…”

            “Perkenalkan,nama Saya Wildan Nuruzzaman dari KOMUNITAS PELAJAR JURNALIS TASIK UTARA (KOPER JUARA ) sekarang duduk di kelas XII IPA 1 SMA Negeri 1 Ciawi-Tasikmalaya.”

            “Bagaimana pak kabarnya hari ini ?”

            “Alhamdulillah sehat baik..”

            “Bagimana perasaan Bapak ketika melangkahkan kembali ke SMA Negeri 1 Ciawi- Tasikmalaya ?”

            Sangat bahagia sekali ada kesempatan dapat mengikuti Reuni di SMAN 1 Ciawi. Terutama berjumpa dengan guru-guru,ada yang sudah pensiun dan ada yang masih aktif mengajar. Dan juga dengan kawan-kawan, sahabat lain. Nah ini penting, dengan adanya reuni ini kita  perlu memberikan dukungan kepada sekolah, baik moril maupun materil. Terutama kita berbicara tentang ruh yang terus diwariskan, semangat kejujuran, semangat keja keras, semangat untuk ulet, semangat untuk mencoba hal yang baru ini ada di angkatan pertama dan terus diwariskan. Dan ini menjadi sebuah ciri dari semangat warga SMAN 1 Ciawi dimanapun berada termasuk ade-ade kelasnya. Sehingga harus terus bisa menjadi SMA yang unggulan, tidak hanya tingkat NASIONAL tapi juga tingkat INTERNASIONAL.

            “Apa sich kenangan terindah Bapak selama sekolah di SMAN 1 Ciawi ?”

            “Saya kira, saya banyak belajar dari guru dan juga dari teman dan para sahabat. Tampaknya mereka itu mempunyai sebuah keinginan untuk maju, ditengah-tengah keterbatasan. Dulu itu seperti ini, untuk ini kami SMA ini serba terbatsa fasilitasnya. Guru pun terbatas tapi saya kira kami atau SMAN 1 Ciawi mempunyai spirit sampai sekarang. Ditengah-tengah keterbatasan mempunyai semangat, mempunyai keinginan kerja keras,jadi THE BEST dimanapun berada.”

            “Bagaimana kesan,pesan dan motivasi Bapak untuk siswa SMAN 1 Ciawi ?”

            “Teruslah belajar, banyak membaca, tekun dan kemudian jangan lupa memohon do’a pada Ibu dan Bapa, berdo’a pada Tuhan yang Maha Kuasa. Jadi memang sukses banyak orang didalam pengalaman hidup orang-orang yang berhasil dimanapun berada selalu mereka itu berdo’a kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dan mempunyai dorongan dalam do’a dari Ibu Bapaknya. Selain ia keja keras, ulet. Nah..para pemenang hadiah Nobel itu, kebanyakan dari mereka bukan orang-orang yang jenius, tetapi orang biasa. Tetapi rajin, pantang mundur dan kerja keras”

            So,kita sebagai generasi penerus harus bisa lebih baik lagi ok….!

Wildan Nuruzzaman

SMAN 1 CIAWI-TASIKMALAYA

KoPer JuaRa (Komunitas Pelajar Jurnalis tasik utaRa)   

 

 
 
 

 

           

Post Serupa

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on google
Google+
Share on telegram
Telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *