Revolusi Pembelajaran di Tingkat Dasar

40 sec read

Dalam aturan pemerintah, bahwasannya pembelajaran di tingkat dasar khususnya di tingkat SD harus menyentuh pada hakikat pembelajaran, sehingga dapat diterapkan secara kontekstual dalam kehidupan sehari-hari.

Peraturan yang dimaksud tersebut yaitu bahwa dari kelas I sampai dengan kelas III harus tematis, tidak mata pelajaran. Sedangkan dari kelas IV sampai dengan kelas VI yaitu mata pelajaran. Secara otomatis, dari pelaksanaan pendidikan yang didalamnya ada guru dan lembaga pendidikan, dll. Membuat suatu rancangan pembelajaran sebagaimana tuntutan yaitu tematis/pertema.

Diwilayah Ciamis itu sendiri, ternyata ada suatu sekolah yang saya temui menggunakan system pembelajaran dan suasana pembelajaran yang diarahkan pertema pembelajaran.

Dilihat dari teknis pelaksanaannya, disebuah ruangan kelas tidak hanya satu guru yang mendampingi pembelajaran. Makannya MI ANDALAN (Sekolah Yang Dimaksud) membuat kologial system dengan rasio 1:10. Selama hampir tiga tahun ternyata memberikan dampak yang positif terhadap pencapaian pembelajaran khususnya pembelajaran secara tematis. Secara langsung, ketika ada masalah ataupun pertanyaan dari satu anak dapat dijawab dan diselesaikan oleh beberapa guru dan jawaban tersebut dikolaborasikan sehingga menyentuh pada hasil pembelajaran. Anak bisa tahu, bisa paham dan selanjutnya mengamalkan (Memanfa’atkan) dalam kehidupan sehari-hari.

 

 

 

Mila Kamilatunnisa

Baju Kopral

X.1 MAN Cijantung Ciamis

Pembukaan Vakansi Buku MPI 2023

Vakansi Buku 2023 Buku yang berisi gagasan dibangun melalui Aksara. Sebagaimana arti lugasnya, a (tidak) dan shara (punah), sebuah buku ingin menolak abai dari...
Nizar Kobani
51 sec read

BEDAH NOVEL PANDU HAMZAH

SEBUAH WILAYAH YANG TIDAK ADA DI GOOGLE EARTH Oleh Asep Chahyanto
Nizar Kobani
2 sec read

PERKAWINAN PUISI LIRIK DAN HAIKU

Oleh Hikmat Gumelar (Disampaikan dalam Diskusi Buku Puisi Gema Tanpa Sahutan Karya Acep Zamzam Noor pada acara Vakansi Buku MPI 2023, 17 Juni 2023,...
Nizar Kobani
11 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *