santri Jurnails

54 sec read

Hari jum’at itu hotel surya tasikmalaya, terusisk keheningannya oleh hirup pikuk santri futuristic, sebuah jaringan masa depan terbentuk dan memulai langkah awalnya. Sebuah acara yang menjadi tolak ukur kemajuan santri diadakan. Dengan judul “Pelatihan Jurnalistik & Teknologi Informasi Komunikasi Santri Jawa Barat “ yang terselenggara atas sokongan relawan bangsa ini terlaksana dengan meriah.

Dimulai pelatihan jurnalis dasar hingga pembuatan media jurnal yang berbasis pesantren di berikan pada para santri dari perwakilan kabupaten dan kota di jabar ini.

“Pada dasarnya pelatihan ini memang dimaksudkan untuk menyetarakan penrimaan informasi khususnya jurnalistik antara masyarakat santri dengan nonsantri” ujara h. Syaiful Ramadlan, SE. selaku ketua panitia dalam acara ini.

Sebagian besar materi yang disampaikan dibawakan oleh wartawan senior priangan, dan peserta yang dating bukan hanya dari tasik, kota dan kabupaten lain pun banyak berdatangan, dan setap santri dari pesantren berbeda membawa cerita dan pengalaman berbeda yang membuat forum ini sangat hidup.

Ketika ditanya mengenai kelanjutan forum ini panitia mengatakan bahwa, akan ada acara antara dua sampai tiga bulan kedepan yang nantinya mengumpulkan kembali alumni pelatihan ini untuk membahas kontribusi nyata dari kegiatan ini, baik berupa hasil nyata atau rancangan sebuah media jurnal islam.

Selain pelatihan, para peserta pun diberikan contoh langsung bagaimana sebuah Koran dibuat, bagai mana posting ke Koran dan lain-lain. “kami harap ada kelanjutan dari kegiatan ini baik dalam bentuk buletin jum’at, web master atau media lain yang bias memberi maslahat bagi pesantren” ujar kang Arif peserta dari tasik kota.

 (Arai_natsir/JSI/cjf)

BEDAH NOVEL PANDU HAMZAH

SEBUAH WILAYAH YANG TIDAK ADA DI GOOGLE EARTH Oleh Asep Chahyanto
Nizar Kobani
2 sec read

PERKAWINAN PUISI LIRIK DAN HAIKU

Oleh Hikmat Gumelar (Disampaikan dalam Diskusi Buku Puisi Gema Tanpa Sahutan Karya Acep Zamzam Noor pada acara Vakansi Buku MPI 2023, 17 Juni 2023,...
Nizar Kobani
11 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *