Sekilas di Masjid Agung

 

   Masjid Agung Ciamis, nama itu memang sudah tidak asing lagi bagi warga masyarakat Ciamis khususnya, masjid yang terletak di pusat kota ini merupakan masjid terbesar di kabupaten Ciamis. Ketua DKM ( Dewan Keluarga Masjid) yang sekarang menjabat adalah KH. Drs. Ahmad Hidayat, SH.

    Masjid yang satu ini mempunyai sejarah yang cukup panjang misalnya dalam hal renovasi bangunan, yaitu pertama berdiri tahun 1882 dan mengalami renovasi pada tahun 1964, 1997, dan terakhir tahun 2005 yang biayanya kurang lebih mencapai 11 M. Wah,ternyata besar juga ya. Adapun kegiatan DKM yang berlangsung diantaranya adalah pelaksanaan rutin kuliah subuh, khatam Al-Quran (pada minggu ke empat), shalawat, dan lain sebagainya.

   Di Masjid Agung ini juga terdapat beberapa organisasi, salah satunya yaitu adanya organisasi IRMAS yang dibentuk tahun 2005 oleh Bpk. Syamsul Bahri, S.Ag yang sekarang menjadi Ketua Diniah Kabupaten Ciamis. Anggota dari IRMAS tersebut berasal dari MAN, SMA dan SMK yang ada di kabupaten Ciamis, program yang dijalankan diantaranya pengkaderan remaja, dakwah atau kemah remaja dan berbagai kegiatan lainnya.

     Namun setelah beberapa lama dalam menjalankan keorganisasiannya, ada kendala yang cukup menghambat berjalannya kepengurusan tersebut, yaitu siswa-siswi yang berada di sekolahnya sibuk dengan kegiatanya masing-masing, sehingga organisasi IRMAS yang ada sekarang menjadi tidak berjalan. “Kami berharap, kepengurusan IRMAS ini terbentuk dan aktif kembali. Kalau bukan generasi muda yang mengurusnya, mau siapa lagi?”, tutur Bpk.Yana ( Pengurus DKM Masjid Agung Ciamis ).

Asep AB

XI IPA 3 MAN 2 Ciamis

 

 

 

Post Serupa

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on google
Google+
Share on telegram
Telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *