Tingkat Kelulusan di Ciamis Menurun

 

Senin (26/04) adalah hari sangat meresahkan bagi siswa/i kelas XII  Sekolah Lanjut Tingkat Atas (SLTA), pasalnya pada hari itu di umumkannya hasil Ujian Nasional (UN).

Rasa resah dan gelisah pun bercampur aduk, menyelimuti hati siswa/i di seluruh Indonesia. Sebab dengan di umumkannya hasil Ujian Nasional ini siswa yang lulus dan tidak lulus dapat di ketahui.

Di Kabupaten Ciamis, hari senin sekitar jam 09.00-an Hasil UN disampaikan kepada oleh masing-masing sekolah kepada siswa/i-nya, ketika siswa yang bersangkutan mengetahui Hasil UN-nya, tangisan Histeris dan Haru bercampur baur membanjiri wajah siswa si putih abu itu. Perasaan senang dirasakan oleh siswa yang dinyatakan lulus, demikian juga sebaliknya perasaan sedih pun menghampiri siswa yang dinyatakan harus mengulang kembali Ujian Nasionalnya pada tanggal 10-14 Mei 2010.

Menurut data Dinas Pendidikan kabupaten Ciamis, 112 Siswa/i SMA dan 164 siswa/i SMK dinyatakan harus mengulang. Hal tersebut menunjukan tingkat kelulusan di kabupaten Ciamis mengalami penurunan jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Kepala Dinas Kabupaten Ciamis, Drs Akasah melalui sekretarisnya, Drs.H. Asep Sudarman menuturkan “Tingkat kelulusan SLTA dikabuten Ciamis mengalami penurunan, jika di persentasikan dari 99% menjadi 97%, jadi turun 3%”tutur beliau.

Pada kesempatan yang sama beliau menambahkan, “penurunan hasil UN tersebut, menunjukan pendidikan di kabupaten Ciamis bersipat dinamis, dan yang menyebabkan penurunan ini, dikarenakan subjeknya yang berbeda”tambah beliau.

Tingkat kelulusan di kota Manis menurun drastis, yang biasanya di Lingkup Provinsi, Ciamis termasuk The Best Of Five, pada tahun ini Ciamis menduduki ranking 16 besar (tengah-tengah).

 Masalah seperti ini tentu saja menjadi bahan pembelajaran dan intropeksi seluruh insatansi Dinas Pendidikan dan seluruh dewan guru (SLTA) dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan.

Bagi Sekolah yang didapati ada peserta UN yang harus mengulang, dinas pendidkan sudah mengintruksikan kepada sekolah terkait, supaya guru-gurunya membina dan memotivasi siswa untuk siap dan optimis bisa mengikuti Ujian Naional ke-2 pada tanggal 10-14 Mei 2010 nanti.

Kami semua mengsupport dan mendoakan semoga kakak kelas XII (SMA/SMK/MA) sekalian, yang mengikuti UN ke-2 dimudahkan dalam pelaksanaanya dan semuanya Lulus sesuai yang di cita-citakan kakak-kakak dan orang tua.   kita Amiin.

 

Maman Noer Zaman, Eris Nursaelah

(SMK Miftahussalam Ciamis)

Emas dan Agung (MAN /SMAP Darussalam Ciami
s)

Baroedak Jurnalis Koran Priangan

Baju Kopral

 

 

Post Serupa

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on google
Google+
Share on telegram
Telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *