UJI NYALI DI LDKS NEDUTAS

 

            Kinerja pengelola organisasi OSIS di SMP Negeri 2 Tasikmalaya harus terus ditingkatkan melalui berbagai latihan. Penyelenggaraan Latihan dasar kepemimpinan Siswa (LDKS) diharapkan dapat mencetak pemimpin-pemimpin handal yang mampu melaksanakan tugas-tugas organisasi. Demikian sambutan Kepala SMP Negeri 2 Tasikmalaya, Drs. H. Dikdik Rosnandika, MPd, saat membuka LDKS bagi pengurus OSIS dan MPK SMP Negeri 2 Tasikmalaya pada hari Jumat (12/2) yang lalu. Lebih lanjut dikatakannya, bahwa setiap pemimpin harus memiliki kesiapan mental dan fisik yang prima dalam mengemban tugasnya, selain itu pula konsep-konsep kepemimpinan dan manajemen organisasi harus betul-betul.difahami.

            Penyelenggaraan LDKS tahun ini diadakan selama 3(tiga) hari dan berlangsung di dua tempat, untuk 2 hari pertama dilaksanakan dalam sekolah yang meliputi teori-teori kepemimpinan, tehnik pembuatan proposal, dinamika kelompok, dan tehnik penyelenggaraan rapat., sedangkan di hari yang ketiga dilaksanakan di luar sekolah tepatnya di daerah Darma Caang, Cikoneng, Kabupaten Ciamis, kegiatannya berupa out bound, acara LDKS ini diikuti oleh 50 orang peserta dan 14 orang pembina OSIS sebagai pembimbing kegiatan ini.

            Yayat Supriyatna, SPd, selaku Ketua Pelaksana, mengatakan bahwa penyelenggaraan LDKS ini dimaksudkan sebagai arena latihan kepemimpinan bagi pengurus OSIS dan MPK yang baru. Adapun tujuannya adalah untuk membekali para pengurus OSIS dan MPK agar memiliki jiwa kepemimpinan serta terampil dalam berorganisasi.

Dari keseluruhan rangkaian kegiatan LDKS, nampaknya acara out bound yang paling menarik perhatian para peserta. Bambang Dwi, instruktur out bound, mengemukakan bahwa out bound pada hakekatnya bentuk game yang mengandung nilai-nilai yang sangat diperlukan bagi seorang pemimpin. “Seorang pemimpin harus memiliki tanggung jawab dan keberanian dalam bertindak. Kita ingin melihat sampai sejauh mana keberanian anak-anak,” Tambah Bambang.

            Cuaca yang sangat cerah serta selingan-selingan permainan yang menghangatkan suasana alam membuat acara LDKS di hari terakhir itu begitu mempesona dan mengesankan seluruh peserta.

 

 

                                                                         

                                                                         NEDUTAS GENIAL

                                                                      SMP Negeri2 Tasikmalaya

Post Serupa

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on google
Google+
Share on telegram
Telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *