TAHUN BARU SEMANGAT BARU

Hari demi hari tak terasa berganti.Minggu kemrin kita telah memasuki tahun baru Hijriah.Dan sekarang kita juga memasuki tahun baru masehi.Sungguh tak terasa waktu ini dan kini menginjak tahun baru 2011.Bro…,sejuta harapan kita di tahun yang baru ini.Setiap waktu yang kita jalani ini merupakan proses untuk mencapai kesuksesan.Apalagi sekarang pas tahun baru,so pasti sobat-sobat semua punyai strategi dan jurus-jurus untuk menghadapi tahun baru ini.Apa nich yang di lakukan sobat menyambut tahun baru ini ?

 

Sobat SABASAKOLA,kita ingat dalam QS.Al-‘Asr.”Demi masa,Sesungguhnya manusia berada dalam kerugian.Kecuali orang-orang yang beriman dan beramal sholeh dan mengerjakan kebajikan serta saling menasehati untuk kebenaran dan saling menasehati untuk kesabaran “.

Dari surat di atas dibahas bahwa kita didunia ini merugi,kecuali orang yang beriman dan yang beramal sholeh.Sobat SABASAKOLA pernahkah kita bertanya pada diri sendiri.Siapa diri kita hari ini ? Siapa pula diri kita hari kemarin dan beberapa tahun silam ?pertanyan seperti itu tentang diri kita hari ini namanya introspeksi.Sedangkan pertanyaan tentang masa lalu diistilahkan retrospeksi,yakni upaya untuk memutar kembali rekaman perjalanan hidup kita yang dilalui selama ini.

Sobat,sehari kita diberi jatah waktu yang sama.Tidak ada perbedaan antara yang satu dengan yang lain.Semua sama yakni 24 jam.Tidak kurang dan tidak lebih,nah dalam jangka waktu itu kita di tuntut untuk menggunakan waktu dengan sebaik baiknya.Tul gak ? Tahu gak sobat bahwa sesungguhnya kita hidup ini hanya 3 hari saja.Yaitu kemarin,sekarang,dan besok.Kemarin adalah kenangan,karena kita tidak mungkin menjalinya kembali walaupun itu hanya 1 detik saja.Hari kemarin menjadikan pelajaran untuk menjalani hari ini.Dan hari ini adalah kenyataan,kenyataan yang harus kita hadapi.Hari ini bekal untuk hari esok.Karena hari esok adalah harapan,harapan kita untuk menjadi yang lebih baik.

“Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin,dan besok lusa harus lebih baik dari pada hari ini” inilah motto kita sebagai pelajar.Tak terasa kita memasuki tahun yang baru,yakni tahun 2011.Kita harus bisa intorspeksi diri tentang hal-hal apa yang dilakukan tahun lalu,tetunya kita harus memperbaikinya. Pada tahun yang baru ini kita mesti  merubah diri kita menjadi baru lagi.  Kita harus merubah diri kita yang baik menjadi lebih baik lagi kemudian merubah sikap buruk kita menjadi sikap baik dan terus di tingkatkan pada waktu ke waktu.

Jangan sampai kita punya slogan atau motto “waktu kecil dimanja,saat muda berfoya-foya,tua kaya raya dan mati masuk surga”.Seakan-akan bisa hidup selama-lamanya.Pandangn seperti itu sungguh menyesatkan .Karena usia manusia terbatas.Atau ada pula yang terjebak dengan masa lalu.Hidupnya macet dikepung kesedihan akibat kegagalan.Kita harus berani gagal,karena kita tahu bahwa gagal merupakan kesuksesan yang tertunda.Kita juga harus berani gagal sebelum mencapai kesuksesan sejati.

So,sobat SABAAKOLA hanya orang yang bisa introspeksi dan retrospeksi akan sanggup untuk proyeksi.Apaan tuh proyeksi..? Proyeksi is…kerja meneropong masa depan yang mungkin terjadi.Tahu gak sich,dengan ini kita bisa menjawab pertanyaan siapakah kita 10 atau 20 tahun yang akan datang.Tapi inget bro,kemampuan seperti itu bukan sulap bukan pula sihir.

Sekarang awal tahun di depan mata,mau ngapain nich nyambut akhir tahun ? jalan-jalan semalaman sampai kaki pegel-gegel or hambur hambur kembang api or belajar menghitung 5,4,3,2,1…hmmm gak gauk mending ikut mabit bareng IPMT dan Iqro Club Kab.Tasikmalaya. Kali ini Ikatan Pelajar Muslim Kab.Tasikmalaya akan menggelar Mabit Pelajar,mahasiswa dan umum pada 31 Desember (malam tahun baru)dengan tema REFLEKSI AKHIR TAHUN di Masjid Agung Ciawi pukul 18.00 – selesai.Contak Person Wildan Nuruzzaman 081221552853.

Nah,sobat sabasakola intinya mari sambut awal tahun dengan introspeksi,retropeksi dan proyeksi hingga pengembangan visi adalah rangkaian proses belajar.Dengan datangnya tahun baru 2011,kita harus punya semangat baru.Dan dapat menjawab pertanyaan “WHO ARE WE ? AND WHERE ARE WE GOING TO “.Hanya mereka yang dapat menjawab mantap dapat di bialng DE-WA-SA.

SELAMAT TAHUN BARU 2011

Wildan Nuruzzaman

SMAN 1 Ciawi – Tasikmalaya

KOPER JUARA

Post Serupa

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on google
Google+
Share on telegram
Telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *