BERKO, Komunitas ONTHEL Manonjaya

Boyot Elodan Roemasa Kolot atau lebih dikenal dengan sebutan BERKO, adalah komunitas sepeda tua atau ‘Onthel’ yang berada di wilayah Manonjaya.

Komunitas yang lahir tanggal 20 Agustus 2007 ini sempat vacum dan kembali aktif di sekitar tahun 2011 sampai saat ini.

BERKO yang  beranggotakan ±100 orang dan sekarang di ketuai oleh H.Maman Somantri ini telah mengikuti berbagai macam event yang diselenggarakan di luar daerah Tasikmalaya, diantaranya di acara “FESTIVAL ONTHELIS CIREBON” , “ULTAH Angkatan Laut di Cirebon” , bersepeda ria ke gunung Galunggung, dll.

Rata-rata umur anggota komunitas ini adalah berkisar 40 tahunan, tapi ada juga anggota yang berumur belasan sampai 20 tahun.

Menurut Dzarin, salah satu anggota termuda di komunitas BERKO ini mengatakan bahwa, awalnya dia hanya ikut-ikutan saja, tapi sekarang ‘ngonthel’ sudah menjadi hobinya. Ia juga bertutur bahwa pada bulan Desember komunitas BERKO akan mengadakan tour ke Yogyakarta.

Saat diwawancara, Dzarin berharap bahwa komunitas sapedah baheula atau BERKO ini bisa terus eksis dan sepeda onthel bisa dikenal oleh seluruh masyarakat, baik muda ataupun tua.

Sampai saat ini kegiatan rutin BERKO adalah kumpul bareng di basecamp-nya, yang bertempat di Karangtingal RT/RW 028/004 Manonjaya ataupun di rumah Pak H.Maman di Jl.RTA Prawiraadiningrat.

Post Serupa

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on google
Google+
Share on telegram
Telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *