Gempa, Alun-alun Sepi..

 

Seperti kita ketahui, beberapa hari yang lalu Indonesia diguncang gempa yang bisa dibilang berskala luar biasa, 7.3 SR. Gempa dengan kekuatan dahsyat itu berpusat di daerah Laut Barat Daya dari Tasikmalaya. Namun dampaknya dapat terasa hingga Jakarta sana.

Hari ini, dinyatakan sudah aman dari kemungkinan gempa susulan. Dan beberapa warga sudah diamankan. Namun tidak semua kegiatan masyarakat kembali seperti semula. Termasuk kegiatan masyarakat Tasikmalaya yang acap kali ngabuburit di daerah Alun-alun Kota Tasikmalaya.

Menurut penelitian KIR SMA Al-Muttaqin Tasikmalaya, pengunjung Alun-alun Kota Tasikmalaya menjadi bertambah sepi beberapa hari setelah gempa terjadi. Itu menurut pengakuan beberapa responden yang merupakan pedagang di daerah Alun-alun Kota Tasikmalaya yang dipilih secara acak. Sebanyak 8 dari 10 pedagang di daerah Alun-alun kota Tasikmalaya mengaku pengunjung di Alun-alun kota Tasikmalaya menjadi berkurang semenjak gempa terjadi beberapa hari yang lalu.

Hal ini diperkuat dengan pernyataan Bu Dede Rismawati, seorang Polwan di daerah perempatan Alun-alun Kota Tasikmalaya. Beliau menuturkan bahwa kuantitas pengunjung yang datang ke Alun-alun untuk ngabuburit menjadi jauh lebih sepi ketimbang hari-hari sebelumnya. Oleh karena itu, beberapa petugas keamanan dialihkan tempat tugasnya ke daerah Cisayong. “Beberapa tim kami lebih diprioritaskan untuk berjaga di daerah Cisayong. Karena daerah tersebut masih sangat rawan. Dan keadaannya jauh lebih membutuhkan tenaga kami daripada di daerah lainnya,” ucap beliau saat ditemui tim Q-Smart Kamis (3/9) lalu.

Alun-alun Kota Tasikmalaya, menurut pedagang menjadi bertambah sepi setelah terjadi gempa beberapa waktu lalu. Mereka berspekulasi bahwa para pengunjung masih trauma dan takut akan terjadinya gempa susulan. Mungkin mereka cenderung merasa lebih aman berada di rumah sendiri ketimbang di tempat lain.
Dan ini ternyata tidak didukung dengan kenyataan. Berdasarkan hasil penelitian tim KIR SMA Al-Muttaqin, hampir beberapa pengunjung mengaku sudah tidak begitu takut lagi akan gempa susulan. Bahkan beberapa diantaranya sudah setia berkunjung ke Alun-alun untuk ngabuburit setiap harinya. (than, dea, fifi, fitri – Qsmart)

Post Serupa

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on google
Google+
Share on telegram
Telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *