Jangan Malu ntuk Nangis Ya…!

Rahasia Air Mata

Bagi seorang laki-laki menangis adalah suatu hal yang memalukan, yang dapat menjatuhkan kelelakiannya. Mereka sering menahan tangis karena takut dianggap laki-laki lemah, cengeng atau sebutan negative lainnya. Kenyataan itulah realita yang menjangkiti masyarakat kita, dari nenek moyang terdahulu sampai sekarang dan telah mengakar kuat pada pikiran (anggapan) mereka termasuk kita.

Padahal apabila kita tahu keajaiban luar biasa tersimpan di balik linangan air mata, hal ini akan menjadikan kita untuk berpikir ulang tentang anggapan diatas yang menempel kuat di benak kita.

Pada dasarnya menangis merupakan sesuatu aktivitas  air mata yang timbul karena adanya respon lingkungan, hal ini terkait erat dengan emosi seseorang baik ketika menghadapi kesedihan ataupun kebahagiaan. Misalnya luapan rasa bahagia, kematian keluarga atau kerabat terdekat dan sebab-sebab lain yang menimbulkan pergulatan emosi.

Menangis memiliki kaitan erat dengan emosi jiwa seseorang. Maka manfaat dari aktivitas menangis adalah sehatnya jiwa dan emosi. Ini dikarenakan air mata bisa membersihkan mata secara continue. Menangis juga berperan penting dalam meringankanketegangan syaraf yang dapat mengakibatkan parahnya berbagai penyakit luka pada lambung, radang usus besar, meningginya tekanan darah dan menghilangkan penyakit nyeri kepala sebelah (migrain).

Menangis merupakan cara alami untuk mengusir  unsur-unsur  yang merugikan dan berbahaya dari dalam tubuh yang dikeluarkan saat seseorang mengalami kesedihan atau kekhawatiran. Menangis akan menambah jumlah detak jantung dan dapat dikategorikan sebagai latihan yang berguna bagi diafragma dan otot-otot dada serta kedua pundak. Setelah menangis kecepatan detak jantung kembali normal sehingga ia akan mengendur dan akhirnya akan muncul perasaan nyaman.

Kajian ilmiah mengungkapakan bahwa wanita empat kali lipat lebih sering menangis daripada laki-laki. Dalamsetahun wanita menangis sebanyak 65 kali sedangkan laki-laki hanya 15 kali. Para ilmuan mensinyalir bahwa inilah yang menyebabkan wanita mampu hidup lebih lama daripada laki-laki.

Bagaimana? Masih malu untuk menangis? Ingat, bahwa laki-laki juga manusia yang mempunyai perasaan layaknya seorang wanita. Jika sobat sedang dirundung masalah yang memungkinkan untuk menumpahkan air mata, maka tumpahkanlah selagi bisa. Biarlah beban-beban itu mengalir keluar bersama dengan mengalirnya air mata.

Vina Nurkahirunniza

SMK Miftahussalam Ciamis

Baju Kopral

Post Serupa

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on google
Google+
Share on telegram
Telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *