Menghiasi Ramadan dengan Shalat Tarawih


IBADAH di bulan Ramadhan, pahalanya berlipat. Inilah salah satu keistimewaan bulan ramadan dan merupakan anugerah bagi umat mukmin yang harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Karena mungkin saja kita tidak bertemu lagi dengan ramadan tahun depan.

Ramadan ini tidak dapat dijadikan alasan untuk bermalas-malasan dan berhenti beraktifitas. Akan tetapi harus tetap diisi dengan kegiatan yang bermanfaat untuk kehidupan sekarang dan masa depan. Siang hari digunakan untuk berusaha, ikhtiar untuk memenuhi kebutuhan dunia, maka malam hari digunakan untuk beribadah, memenuhi kebutuhan akhirat, atau sebaliknya. Karena sebagai mukmin, kita diperintahkan untuk untuk mencari apa yang dianugerahkan kepada kita,  harus ada keseimbangan antara dunia dan akhirat (QS. 28:77). Apalagi sekarang berada di bulan penuh berkah.

Qiyamu Ramadan atau yang sering dikenal dengan salat tarawih merupakan ibadah sunat yang dapat dijadikan sebagai syiar agama, sebagai tabungan amal untuk masa depan. Ibadah ini lebih utama dilakukan dengan berjamaah. Karena berbagai keuntungan terdapat di dalamnya.  Bukan saatnya lagi mempermasalahkan jumlah rakaat shalat tarawih, akan tetapi, momen ini dapat digunakan untuk meningkatkan ukhuwah, bersilaturahim dengan kerabat dan tetangga yang mungkin saja jarang dilakukan di luar bulan ramadan, karena dengan berbagai kesibukan masing-masing.  

Barang siapa melaksanakan qiyamu ramadan dengan iman dan menghapkan pahala, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu (HR. Bukhari). Hadits inilah yang dapat dijadikan sebagai motivasi untuk berlomba di bulan latihan ini. Kalau iman sudah menjadi standar dalam melakukan aktifitas, baik itu ibadah mahdhah maupun ghair mahdhah, maka insyaallah halangan dan rintangan seperti apapun akan dihadapi dan diselesaikan demi tercapainya cita-cita mulia. Walaupun kantuk dan malas selalu mengikuti dalam setiap gerakan shalat, tetapi karena iman selalu mendampingi dan dijadikan sebagai landasan, maka semua itu dapat diatasi dan dapat dijadikan sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas hidup.

Post Serupa

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on google
Google+
Share on telegram
Telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *