Penerbit Mata Pelajar Meluncurkan Program Gotong Royong Pustaka 

2 min read

Penerbit Mata Pelajar Indonesia tahun ini meluncurkan program Gotong Royong Pustaka. Program ini dibuat dengan tujuan menghargai buku sebagai kekayaan intelektual manusia Indonesia dengan memberi apresiasi yang tinggi pada para penulisnya. Program ini didesain dengan proses yang mudah dan cepat baik bagi penulis maupun penerbit. Ada tiga jenis terbitan buku dari Program Gotong Royong Pustaka MPI.

Pertama, Gotong Royong Pustaka Suntingan

Penerbit MPI menerima ajuan naskah buku dari para penulis. Redaksi Penerbit MPI akan menentukan buku lolos untuk diterbitkan. Suntingan redaksi Penerbit MPI terhadap buku yang lolos terbit akan mencakup pembiayaan pracetak, pencetakan, dan pendistribusian buku. Apresiasi pada penulis akan ditawarkan sesuai dengan ketentuan program ini (disampaikan dalam nota kesepakatan). Buku yang akan diterbitkan mencakup pustaka akademik, pustaka sastra. Pustaka edukasi, dsb. 

Kedua, Gotong Royong Pustaka Mandiri

Program ini diinisiasi oleh penulis buku dengan biaya produksi ditanggung oleh penulis. Penerbit MPI memfasilitasi penerbitan buku dengan standar yang telah ditentukan dan kesepakatan tambahan antara penerbit MPI dan penulis. Kami membuka program ini kepada para penulis agar karya inteletual Anda dapat menjamah khalayak pembaca Indonesia dengan fasilitas pracetak, pencetakan, dan pendistribusian buku. Sementara itu, kesepakatan bagi hasil usaha dilakukan dengan ketentuan yang telah dibuat Penerbit MPI.

Ketiga, Gotong Royong Penulisan Biografi, Autobiografi, dan Memoar

Menurut pengamatan kami, masih sangat sedikit tokoh-tokoh masyarakat yang mempunyai waktu dan kesempatan untuk menulis karena berbagai alasan. Oleh karena itu, kami menawarkan bantuan kepada Bapak/Ibu untuk menuliskannya, menyunting, dan menerbitkan tulisan biografi, otobiografi, atau pun memoar. Kami percaya kerja penulisan biografi, autobiografi, dan memoar akan memberi sumbangan pemikiran yang tidak ternilai harganya. Selain juga akan menginspirasi pembaca. Penerbit MPI menawarkan paket penulisan sampai penerbitan dan pendistribusian dengan ketentuan berdasar nota kesepahaman dan kesepakatan.

Mengenal Sistem Penerbitan di MPI

Alasan Program Gotong Royong Pustaka diluncurkan untuk membantu para penulis, atau Anda yang punya gagasan dan mempraktikannya dalam kehidupan sehari-hari bisa menerbitkan sebuah buku. 

Untuk bahan pertimbangan akan memanfaatkan fasilitas dari program penerbit MPI ini. Kami jelaskan  dibawah ini.

Sistem Percetakan Penerbit 

Pada penerbit mayor biasanya cetakan pertama buku akan dicetak dalam jumlah besar sesuai dengan kebijakan yang telah ditentukan sebelumnya, Anda sebagai penulis akan mengetahui hal itu dalam MOU yang disepakati di awal sebelum proses cetak. Sementara itu, pada penerbit MPI buku akan dicetak sesuai dengan permintaan dan kebutuhan Anda. 

Pertimbangan Biaya 

Buku yang dicetak penerbit mayor sebagian besar atau bahkan seluruh biaya yang dibutuhkan akan ditanggung oleh pihak penerbit, sedangkan penulis akan mendapatkan royalti untuk hasil karya tulisannya. Sementara itu, pada penerbit MPI biaya akan ditanggung bersama oleh penulis dan penerbit.  Keuntungannya, Anda bisa meminta secara khusus spesifikasi keseluruhan buku, mulai dari desain, cover, hingga harga penjualannya. Tentu saja, dengan kualitas penerbit yang baik, biaya yang Anda keluarkan akan kembali lagi menjadi sebuah keuntungan ketika kualitas buku yang diterbitkan berterima dengan selera pembaca.

Penerimaan Naskah dari Penulis

Pada penerbit mayor tentu ada begitu banyak naskah yang masuk dan harus diseleksi terlebih dahulu sebelum akhirnya lolos diterbitkan. Mereka biasanya lebih cenderung pada keuntungan secara profit sehingga hanya memilih naskah yang akan banyak disukai di pasar. Akibatnya, cukup sulit bagi Anda penulis pemula untuk bisa lolos seleksi naskah ini karena harus memenuhi permintaan dan selera pasar. Hal ini berbeda dengan penerbit MPI yang bisa memenuhi keinginan Anda sebagai penulis. Naskah tulisan Anda tidak selalu harus sesuai selera pasar asal kualitas dan ide tulisan sudah standar. Ketika Anda yakin dengan naskah yang sudah ditulis mampu memberikan manfaat yang besar untuk orang banyak. 

Proses Distribusi Buku

Penerbit mayor akan secara langsung mendistribusikan buku terbitannya melalui toko buku yang mereka miliki, bisa juga ada yang dijual dalam bentuk e-book secara online. Penerbit MPI akan membuat buku yang ditulis berkesan premium dan eksklusif karena tidak dicetak dalam jumlah banyak dan langsung masuk ke sasaran pembaca yang tepat.

Setelah memahami berbagai perbedaan tersebut maka akan lebih mudah bagi Anda untuk mempertimbangkan. Kami kembalikan pada kebutuhan Anda mencetak buku tersebut dan pertimbangan lamanya naskah diterima oleh penerbit untuk diterbitkan. Tidak perlu terburu-buru memilih. Kami percaya, pertimbangan yang lebih matang sebelum menentukan pilihan mempengaruhi kebahagian. 

Bila Anda sudah yakin, punya naskah tulisan atau ide penulisan naskah buku silahkan hubungi kami di matapelajar@gmail.com 

 

Pembukaan Vakansi Buku MPI 2023

Vakansi Buku 2023 Buku yang berisi gagasan dibangun melalui Aksara. Sebagaimana arti lugasnya, a (tidak) dan shara (punah), sebuah buku ingin menolak abai dari...
Nizar Kobani
51 sec read

BEDAH NOVEL PANDU HAMZAH

SEBUAH WILAYAH YANG TIDAK ADA DI GOOGLE EARTH Oleh Asep Chahyanto
Nizar Kobani
2 sec read

PERKAWINAN PUISI LIRIK DAN HAIKU

Oleh Hikmat Gumelar (Disampaikan dalam Diskusi Buku Puisi Gema Tanpa Sahutan Karya Acep Zamzam Noor pada acara Vakansi Buku MPI 2023, 17 Juni 2023,...
Nizar Kobani
11 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *