Pesmed Punya Cerita

Ramadhan tahun 1433H ini adalah kali pertama saya mengikuti pesantren media ( pesmed ). Acara ini biasa dilakukan setiap akhir pekan selama bulan ramadhan (28 juli, 4, 11, 12 agustus). Untuk mengikuti acara ini setiap peserta dikenakan biaya sebesar Rp 50.000., di sini kita bisa memilih kelas sesuai bakat dan minat yang kita miliki. Kelas yang tersedia diantaranya writing, bloging, audio visual, dan photography. Dan saya sendiri mengikuti kelas writing.

Pesmed kali ini adalah yang ke-VI kalinya digelar secara berturut-turut setiap bulan ramadhan. Dan untuk kali ini pesmed perdana digelar di Ciamis, tempatnya di ruang bawah tanah masjid agung dan sekitarnya. Acara pesmed ini sendiri merupakan satu acara yang digagas oleh “Baju Kopral” ( barudak jurnalis Koran priangan lho!). Respon yang terjadi ketika acara ini digelar begitu luar biasa. Siswa-siswi sebagai peserta yang men dominasi adalah SMA/sederajat yang banyak bergerak dibidang jurnalistik. Hingga tak heran panitiapun sempat terkaget-kaget dengan peserta yang berjumlah labih dari 250 orang ini.

Acara pesmed ini sendiri berlangsung dari pukul 13.00 WIB seusai pulang sekolah. Namun lelahnya selesai sekolah tidak menjadikan saya lelah untuk mengikuti pesmed ini sendiri. hal itupun tidak jauh berbeda dari teman-teman yang lainnya, hal ini terbukti dari antusiasnya.

28 juli adalah putaran pertama pesmed digelar. Acara ini pun dibuka dengan diresmikan langsung oleh panitia. Setelah peresmian pembukaan selesai dilaksanakn, setiap orang mulai memasuki kelasnya masing-masing. Ada yang di dalam ruangan dan ada juga yang di luar ruangan. Dan untuk kelsa saya sendiri kebetulan diluar ruangan. Setiap kelas disertai dengan pemateri dan mentor.

Setelah putaran pertama pada pecan pertama pesmed berlangsung, empat agustuspun pesmed kembali digelar untuk putaran kedua. Setelah jam menunjukan pukul 13.00 WIB masjid agung Ciamis pun kembali ramai oleh para peserta pesmed. Antusias putaran kedua ini tidak berbeda dengan putaran pertama. Selesainya acara ini yaitu pukul 17.00 WIB tidak dijadikan alasan, justru menjadi satu alternative nagbuburit. Sambil menyelam minum air, mencari ilmu sambil ngabuburit.

Untuk putaran ketigapun (11 agustus) kondisinya tidak jauh berbeda dengan putaran pertama dan kedua. Justru yang saya rasakan dari putaran ke putaran rasanya semakin seru.

Putaran ke empat (12 agustus) adalah putaran terakhir pesmed di gelar dan ditutup dengan acara buka bersama. Acaranya dimulai seperti biasa. Namun setelah selesai menunaikan shalat ashar acaranya adalah menonton film bersama karya anak bangsa, salah satunya hasil perwakilan dari kelas audio visual dan film karya anak baju kopral di gedung DPR kabupaten Ciamis. Hari terakhir pesmed ini mengharukan, saya yang mengitu acara ini merasa begitu banyak mendapat pengalaman serta keluarga baru.

Ketika adzan maghrib berkumandang kami serentak membatalkan puasa dengan tajil. Sebelum dilanjutkan dengan acara makan kami memutuskan untuk melaksanakan sholat maghrib terlebih dahulu. Kemudian kami kembali berkumpul untuk acara makan bersama. Dan acara yang terakhir stelah pembagian sertifikat dan ID card pada setiap peserta adalah foto-foto. Ya sebagai bukti sejarah pesmed angkatan ke-VI.

Mirna Nuraisyah
Baju Kopral
SMAN 1 Ciamis

 

Post Serupa

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on google
Google+
Share on telegram
Telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *