Sarabbah, Minuman Hangat dari Sulawesi Selatan

Sarabba minuman khas Bugis (Foto: Beritagar.id)

Halo sahabat Indonesia, Apa kabar?

Nama saya Andi Muhammad Taslim akrabnya dipanggil Taslim. Sekarang saya bersekolah di Smk Bakti Karya Parigi tepatnya di jl Cikubang, Parigi, Pangandaran, Jawa Barat, Indonesia. Di Smk Bakti Karya ada program Kelas Multikultural, singkat ceritanya Kelas Multikultural ada kelas yang mempertemukan orang-orang yang berbeda daerah, suku, budaya, dan agama untuk saling berbagi pengetahuan dan menanamkan nilai Toleransi. Sekolah di Smk Bakti Karya itu sangat seru loh, soalnya kita bisa bertemu dengan teman-teman yang beda daerah, kita bisa tau tentang budaya mereka, dan masih banyak lagi.

SMK Bakti Karya setiap tahunnya mengadakan Festival, untuk merayakan keberagaman Indonesia, namanya Festival 28 bahasa Nusantara. Disana kita memamerkan ciri khas dari daerah masing-masing, mulai dari bahasa, baju adat, makanan khas, alat musik dan masih banyak lagi yang dipamerkan ketika Festival. Nah, saya sendiri berasa dari Sulawesi Selatan dan Festival kemarin saya dan teman-teman sulawesi yang lainnya memamerkan makanan dan minuman khas Sulawesi Selatan salah satunya Sarabbah, sarabbah ini adalah minuman khas sulawesi selatan, Sarabba dibuat dari campuran jahe, gula merah, santan dan sedikit merica. Biasanya, masyarakat Makassar minum Sarabba untuk menghangatkan tubuh dan mengembalikan stamina setelah seharian bergerak. Karena terbuat dari bahan-bahan yang alami sehingga sangat baik bagi kesehatan tubuh bahkan bisa dikatakan tidak ada efek samping. Kandungan Jahe yang ada di dalam Sarabba dapat memperlancar peredaran darah, sedangkan Gula Merah diketahui dapat mencegah Anemia dan meningkatkan daya tahan tubuh, sedangkan Santan Kelapa sangat kaya dengan zat besi serta mencegah penuaan dini. Setelah meminum Sarabba, biasanya tubuh akan mengeluarkan keringat sehingga penyakit seperti flu dan masuk angin dipercaya lebih cepat sembuh.  Sarabbah mudah kita temui pada saat acara kumpul-kumpul malam hari. Seperti persiapan melakukan pesta di suatu tempat ataupun yang lainnya. Jika kalian berkunjung ke Sulawesi Selatan, kalian akan banyak menemukan warung-warung sarabbah dan merasakan khasnya buatan asli masyarakat sulawesi selatan.

Itu cerita singkat saya dan pembahasan tentang sarabbah minuman khas Sulawesi Selatan mohon maaf jika ada salah kata dan terimakasih sampai ketemu di lain waktu

Post Serupa

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on google
Google+
Share on telegram
Telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *