Darussalam Cup IX

MTs DARUSSALAM Ciamis kembali menggelar Turnamen Bola Voli Darussalam Cup IX tahun 2010. Kegiatan ini mulai dilaksanakan tanggal 7 Februari sampai 7 Maret 2010. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan MTs Darussalam. Jumlah peserta pada kegiatan kali ini lebih banyak dibandingkan dengan tahun kemarin. Jumlah peserta yang tampil ada 88 tim, 54 tim putra dan 34 tim putri.

Sorak sorai membahana mengisi setiap ruang udara di gedung Nadwatul Ummah Pesantren Darussalam Ciamis, bahkan suaranya terdengar di seputar Kampus Pesantren Darussalam. Itulah suara para supporter yang mendukung tim kesayangannya masing-masing pada laga terakhir (baca: final) pertandingan bola voli tingkat SD/MI se-Kabupaten Ciamis dan Kota Banjar, Ahad (7/3) kemarin.

Final pertandingan ini dimulai sekitar pukul 13.00 wib. Tampil  empat kontestan yang merupakan tim andalan, tim yang sudah memperlihatkan kehebatannya pada pertandingan sebelumnya, yakni SDN 2 Margajaya dan SDN 1 Sidamulya (putri) dan SDN 1 Margajaya dan SDN 1 Sukamukti (Putra) dan disaksikan ratusan pasang mata yang dengan semangat, terus mendukung tim kesayangannya untuk mendapatkan kemenangan.

Kegiatan ini dirasakan sangat bermanfaat. Bagi para peserta, ini merupakan ajang untuk mengembangkan kreatifitas, meningkatkan kemampuan dalam bermain voli. Selain itu, kegiatan ini dapat pula dijadikan sebagai motivator dalam mengembangkan kualitas sekolah, kreatifitas guru –terutama guru olah raga–, dengan mengikuti ajang ini, para pelatih dapat menilai sejauhmana perkembangan anak didiknya setelah melewati latihan yang panjang. Baik dan buruk hasil yang diperoleh, harus dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk terus mengembangkan talenta siswanya di sekolah masing-masing.

Bagi pengurus OSIS dan MPK MTs Darussalam, turnamen ini dapat dijadikan sebagai ajang latihan, mempersiapkan diri menyongsong masa depan yang lebih baik, pemuda hari ini adalah pemimpin di masa yang akan datang –itulah sebuah pepatah mengatakan–, apalagi MTs Darussalam memiliki visi “memiliki keunggulan kepribadian dan jiwa kepemimpinan secara kaffah”, yang salah satu misinya adalah membangun motivasi dan bakat individual.

Selain itu, pengurus OSIS, melalui even ini –baik terasa ataupun tidak– dapat melatih mental, melatih kedisiplinan, konsentrasi dan sebagainya. Sikap kedisiplinan ini merupakan sikap yang sangat diperlukan, hari ini, esok dan yang akan datang.

Terbukti, dengan even ini, Pengurus OSIS yang merupakan bagian dari Panitia kegiatan mengungkapkan secercah makna yang dapat diambil. Seperti yang diungkapkan Emil Nurjamil Permana (12) “Sang Ballboy Sejati” mengatakan TBV –istilah mereka untuk menyebut even bola voli– dapat menambah kebersamaan, mandiri dan soliditas, “Semangat, tetapi pas kadieuna mah rada gitu lah, tetapi rame juga”, ujarnya.

Celoteh lain diungkapkan oleh Ihsanul Hak Karyana (13) yang bertugas menjadi scoring sheets. “TBV ini dapat menambah kebersamaan, kesolidaritasan, rame weh pokona mah jeung rada-rada cape”. Selain itu, ia juga menambahkan bahwa TBV kali kalah seru dibandingkan dengan tahun kemarin. Ia juga menemukan berbagai kejadian –yang dia anggap– lucu.

Curhatan lain disampaikan oleh Rezky Ramadhan Gunawan (13) yang juga memegang scoring sheets. Ia merasakan bahwa kebersamaan merupakan hal yang sangat diperlukan dalam hidup ini, melalui TBV ini ia bisa merasakan hidup itu tidak boleh saling mengandalkan, punya tugas dan tanggung jawab masing-masing, tetapi butuh kebersamaan. Ketika pertama kali, ia merasa sedikit kurang percaya diri, karena belum mempunyai jam terbang yang bagus, sedikit grogi dan takut ada kesalahan. Lama kelamaan, terbisa. “From zero to hero” ujarnya.

Bagi para supporter, tentu ada bingkisan yang menarik yang disediakan panitia dengan mengundi nomor tiket. Setiap pertandingan –mulai pertandingan pertama–  selalu ada hadiah menarik yang disiapkan. Untuk pertandingan final ini tentu lebih istimewa dibandingkan dengan doorprize  pertandingan sebelumnya. Panitia menyediakan dispenser dan kompor gas untuk mereka yang beruntung. Hadiah yang sangat menggiurkan.

Pertandingan berakhir sekitar waktu ashar. Dengan berbagai strategi yang digunakan, serta dukungan dari para supporter, akhirnya SDN 1 Sukamukti (putra) berhasil menumbangkan SDN 1 Margajaya (putra) dengan skor 3:0. Begitu pun SDN 2 Margajaya (putri) dapat mengalahkan SDN 1 Sidamulya (putri) dengan skor 3:0. Setelah itu, kegiatan ditutup secara resmi oleh Kepala MTs Darussalam, Bapak Dr. H. Fadlil Yani Ainusyamsi, M.Ag. Dalam sambutannya, Beliau menyampaikan rasa syukur, peserta lebih banyak dibandingkan tahun-tahun kemarin.

Setelah itu dilanjutkan dengan pemberian motivasi oleh Mr. Atsushi Sano, Staf Khusus Duta Besar Jepang untuk Indonesia. Beliau mengatakan tentang serunya pertandingan, bisa mengetahui tentang voli, rame, dan adanya supporter fanatik. Selain itu, beliau memberi motivasi untuk lebih baik, dan lebih kompak*

Miftah Farid Cjf

(Baju Kopral)

M Irbad Nurzaman

(Kelas IX PK MTs Darussalam, Ciamis)

Post Serupa

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on google
Google+
Share on telegram
Telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *