Festival Terunik Di Dunia, Salah Satunya Dari Indonesia

festival 28 bahasa nusantaran

Hallo sahabat NARSIS!

Festival, siapa sih yang gak tahu festival? Festival atau “pesta besar” adalah sebuah acara meriah yang diadakan dalam rangka memperingati sesuatu. Festival juga diartikan dengan hari atau pekan gembira  peristiwa penting  bersejarah, atau pun pesta rakyat. Setiap negara pasti memiliki festival masing-masing. Apa sajakah itu? Pasti sahabat NARSIS sudah penasaran.

Berikut 6 Festival Terunik dan Meriah Di Dunia

1. La Tomatina Festival

La Tomatina atau festival tomat. Siapa yang gak kenal festival makanan terbesar di dunia? Dimana semua jalan-jalan dan orang yang ikut dalam festival menjadi saus tomat, ehh maksud Minsis berlumur tomat. Ribuan ton tomat disediakan di festival ini, bila sahabat NARSIS penasaran gimana rasanya lulur tomat geratis hehe, datang saja ke kota Valencia Bunol, Spanyol pada hari Rabu terakhir bulan Agustus.

2. Albuquerque Internasional Ballon Fiesta Festival

Albuquerque Internasional Ballon Fiesta Festival merupakana Festival Ballon tahunan yang diselenggarakan tanggal 6-14 Oktober di Albuquerque New Meksiko ketika cuaca sedang cerah ya sahabat, bukan saat cuaca mendung pas Minsis galau, upss. Dalam festival yang berlangsung sejak tahun 1972 tersebut tak kurang dari 500 balon udara ikut berpartisipasi untuk meramaikan. Selain itu dalam festival ini juga diadakan kompetisi menerbangkan balon udara yang pesertanya dari berbagai negara. Hayo yang mana dari Indonesia?

3. Yi Peng Festival

Festival yi peng atau yee peng yang memiliki arti “yi” yaitu dua dan “peng artinya penuh hari bulan.  Dalam festival ini ratusan hingga ribuan lentera diterbangkan dan membuat langit malam seperti disinari ribuan bintang. Jadi gak salah kalo festival ini masuk dalam festival paling indah di dunia. Bila sahabat NARSIS masih penasaran, datang saja ke kota Chiang Mai, Thailand pada bulan purnama ke 12 atau pertengahan November menurut kelender bulan Thailand.

4. Festival 28 Bahasa

Festival 28 Bahasa Nusantara, beragam hal unik ada didalamnya, mulai dari orasi dengan bahasa yang berbeda-beda yaitu dari Sabang sampai Merauke, pertunjukan seni budaya tiap daerah, pameran karya Senin dan masih banyak lagi. Selain itu bila sahabat datang dalam festival 28 bahasa, sahabat Narsis juga bisa icip-icip makanan tradisional dengan gratis. “Hayo, Minsis tau pasti pada ngiler ya” hehe. Dari pada sahabat penasaran bagaiaman keunikan festivalnya, datang saja tanggal 28 Oktober karna festival ini digelar satu tahun sekali.

Nah yang satu ini pasti sahabat NARSIS sudah tidak asing, apa lagi para pendengar lagu “chaia.. chaia.. chaia.. Chaia..” merdukan suara Minsis. Festival Holi atau biasa disebut festival warna, atau kadang disebut sebagai festival cinta. merupakan salah satu festival unik yang berasal dari negara India. Salah satu hal yang menjadikan festival holi ini unik adalah saling melempar tepung berwarna. Festival unik ini diselenggarakan selama sehari semalam yang dimulai pada malam purnama di bulan Falgun.

6. The Internasional Highline Meeting Festival

Untuk sahabat NARSIS yang suka hal ekstrim patut coba nih, Festival The Internasional Highline Meeting Festival yang dirayakan bukan dipermukaan tanah, melainkan ratusan meter diatas permukaan tanah. Kalo Minsisi jatoh kebawah bisa galau kronis sahabat NARSIS hehe. Dalam festival ini, kita akan merasakan sensasi tidur bergelantungan dengan hammock diantara bebukitan. Dengan total 17 buah hammock yang merupakan sebuah simbol perdamaian dan penghormatan kepada tentara yang gugur pada perang dunia pertama.

_______________________________________

Penulis/Elin/Kelasmultikultural
_______________________________________
Pranala:

  1. ttps://m.medcom.id/amp/8kogn1dk-tahun-2002-la-tomatina-dinyatakan-sebagai-perayaan-minat-turis-internasion#aoh=15958833791489&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&amp_tf=Dari%20%251%24s
  2. http://www.asistenliburan.com/2015/11/yee-peng-lantern-festival-chiang-mai.html?m=1
  3. https://m.liputan6.com/tag/festival-balon-udara-internasional
  4. https://amp.kompas.com/travel/read/2019/03/21/131100127/mitologi-hingga-kisah-cinta-di-balik-perayaan-holi-di-india#referrer=https://www.google.com
  5. https://www.sbk.sch.id/festival-28-bahasa-menolak-lupa-sumpah-pemuda/

Post Serupa

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on google
Google+
Share on telegram
Telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *