Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan : “Kami Sediakan 2600 Beasiswa bagi Pelajar Berprestasi..!”

Langkah kami tertahan. Serbuan para pejalan dari peserta Gerak Jalan Sehat bersama Gubernur Jawa Barat dalam rangka memeriahkan ulang tahun Harian Radar Tasikmalaya memaksa kami untuk menghentikan langkah kami sejenak. Kegiatan yang diadakan pada hari Ahad, 4 April 2010 ini menghadirkan banyak sekali doorprize yang sangat menarik. Dan yang lebih menarik, kegiatan ini diresmikan langsung oleh Bapak Gubernur Jawa Barat, Pak Ahmad Heryawan.

 

Kami, tim Q-Smart, bermaksud menemui Bapak Gubernur Jawa Barat yang terhormat, Bapak Ahmad Heryawan yang mengikuti dan meresmikan kegiatan ini. Rasa putus asa sempat menghinggapi lubuk hati kami, ketika Polisi setempat memberitahukan kemungkinan Pak Ahmad Heryawan berhenti di suatu tempat untuk beristirahat dan dijemput dengan mobil. Lantas kami berniat untuk segera kembali ke pusat kegiatan di Dadaha. Mungkin saja Pak Ahmad Heryawan telah berada di sana, pikir kami.

 

Namun kali ini langkah kami terpaku oleh kedatangan seorang yang telah sangat kami harapkan. Pak Ahmad Heryawan berjalan bersama penjaga-penjaganya menuju tempat kami berdiri. Tanpa buang waktu, kami segera menghampirinya. Kami mencoba mewawancarai beliau sambil turut serta berjalan bersama beliau. Ternyata beliau sangat ramah. Dan dengan senang hati menerima kami dengan menjawab beberapa pertanyaan sambil melangkah menuju Lapangan Dadaha. Berikut hasil pertemuan singkat kami dengan Gubernur yang berasal dari salah satu Partai islam di Indonesia ini.

 

Q-Smart           : Pak, maaf mengganggu waktunya sebentar..

Pak Ahmad Heryawan : Oh, tidak masalah.. Silahkan dek.. (Sambil tersenyum)

 

Q-Smart           : Pak, bagaimana persiapan dari Provinsi Jawa Barat dalam menghadapi Olimpiade Sains Nasional yang seleksinya akan dilaksanakan pada tanggal 6 nanti..?

Pak Ahmad Heryawan : Kami dari provinsi akan sangat mendukung dan mempersiapkan diri menghadapi kegiatan tersebut. Sebelum seleksi nasional nanti, kami mengadakan seleksi di wilayah regional. Dan ketika kami sudah mendapatkan delegasi tepat di setiap mata pelajaran, kami akan mengadakan pelatihan intensif demi terwujudnya prestasi yang baik di kegiatan ini.

 

Q-Smart           : Bagaimana dukungan nyata dari pihak Provinsi dalam OSN ini..?

Pak Ahmad Heryawan : Seperti yang saya katakan tadi, kami akan mengadakan pelatihan intensif bagi siswa yang telah terpilih di seleksi regional kami. Dan setelah pelaksanaan OSN ini sukses dan sesuai dengan harapan kami, kami akan memberikan beasiswa kepada mereka.

 

Q-Smart           : Bagaimana bentuk beasiswa yang disediakan pemerintah Jawa Barat bagi para siswa berprestasi di Jawa Barat, sebagai motivasi mereka dalam mengharumkan nama Jawa Barat..?

Pak Ahmad Heryawan : Semenjak lama, kami telah mengadakan kerjasama dan telah mempersiapkan banyak sekali bentuk beasiswa bagi para pelajar berprestasi. Tahun 2009 lalu, kami telah memberikan sebanyak 2600 beasiswa bagi seluruh pelajar Berprestasi di Jawa Barat. Beasiswa merupakan hal yang sangat penting. Mengingat minimnya kesempatan bagi masyarakat, terutama bagi kalangan menengah ke bawah dalam mengikuti pendidikan. Terutama di Perguruan Tinggi. Oleh karena itu, kami menyediakan beasiswa bagi para pelajar berprestasi agar mampu mengembangkan diri mereka di Perguruan Tinggi yang mereka idamkan.

 

Q-Smart           : Sedikit beralih kepada UN Pak. Bagaimana pendapat Bapak mengenai penyelenggaraan Ujian Nasional pada tahun ini..?

Pak Ahmad Heryawan : Alhamdulillah, pada tahun ini penyelenggaraannya lancar.. Adapun desas-desus kebocoran soal dan kunci jawaban itu hanyalah disebabkan oleh oknum tertentu, yang ingin mengurangi kualitas pendidikan. Tapi secara keseluruhan, kami menganggap bahwa penyelenggaraan Ujian Nasional pada tahun ini berjalan lancar.

 

Q-Smart           : Bagaimana pendapat Bapak tentang diadakannya penyelenggaraan Ujian Nasional tahun depan..?

Pak Ahmad Heryawan : Mungkin bukan hak saya untuk berpendapat. Kami melaksanakan keputusan dari pemerintah pusat, dalam hal ini Departemen Pendidikan Nasional. Jikapun ada, kami siap untuk melaksanakannya dengan kualitas yang lebih baik lagi tentunya.

 

Q-Smart           : Bagaimana pendapat Bapak mengenai tingkat idealisme pendidikan Indonesia..? Mengapa kita tidak coba mengadopsi sistem pendidikan luar negeri yang terbukti berhasil..?

Pak Ahmad Heryawan : Satu yang menjadi tujuan kita bersama adalah mencapai peningkatan kualitas mutu pendidikan yang baik di Indonesia ini. Adapun sistem yang diberlakukan di Indonesia, mungkin masih memiliki kelemahan. Namun kita masih mengevaluasi sistem ini. Dan saya percaya, hari demi hari akan membuat kualitas pendidikan di Indonesia semakin baik. Jika kita membicarakan solusi strategis mengenai sistem pendidikan di Indonesia, mungkin kita akan membutuhkan waktu satu hari seminar penuh. Namun intinya, mari kembali lagi pada tujuan kita tadi. Yaitu mencapai peningkatan kualitas mutu pendidikan yang baik di Negara kita.

 

Q-Smart           : Terakhir pak, bagaimana pesan bapak bagi generasi pelajar Indonesia, khususnya di Jawa Barat?

Pak Ahmad Heryawan : Ya.. Tetap berkarya.. Tetap ikhlas dalam menuntut ilmu.. Tanamkan dalam hati kita, bahwa Indonesia membutuhkan kita. Oleh karena itu, mari kita bersama membangun Indonesia. Karena harapan itu memang masih ada..

 

Pertemuan singkat kami dengan Pak Ahmad Heryawan pada pagi hari itu ditutup dengan satu foto bersama. Sungguh luar biasa pertemuan singkat kami dengan beliau. Memang, sebagai seorang generasi pelajar penerus bangsa dan agama, kita haruslah tangguh. Mampu menyerap dengan baik segala sesuatu yang dapat kita serap. Mempelajari dunia. Meraih akhirat. (Fathan, Verly, Ditha, Rita, Wilda, Ridla, Azzam – Q-Smart)

Post Serupa

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on google
Google+
Share on telegram
Telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *