"Indonesia Raya" Kapan Ya?

SALAH satu identitas suatu bangsa adalah Lagu Kebangsaan. Ada kebanggaan tersendiri ketika lagu kebangsaan itu dikumandangkan, apalagi kita sendiri yang menjadi paduan suaranya. Dalam lagu kebangsaan terkandung nilai-nilai ideologi, nilai-nilai perjuangan dan harapan atau tujuan yang ingin diwujudkan dari Negara tersebut.

Ketika mengatakan identitas, apalagi identitas suatu Negara, tentu indentitas Negara yang satu dengan Negara yang lain berbeda, karena berbagai faktor. Mulai dari letak geografis, budaya, proses pembentukan Negara itu sendiri, masyarakat, kepercayaan yang dianut, dan sebagainya.

Karena kebanggan inilah, sebelum pertandingan sepakbola piala dunia dimulai, selalu dikumandangkan dulu lagu kebangsaan dari masing-masing Negara yang akan bertanding. Hal ini tentu dimaksudkan untuk meningkatkan semangat para pemain tim nasional masing-masing yang di belakangnya terdapat berjuta-juta masyarakat yang mendukung, menyaksikan dan mendo’akan mereka.

Setelah beberapa pertandingan pada minggu pertama piala dunia 2010 digelar, 32 negara telah mengumandangkan lagu kebangsaan masing-masing sebagai tanda perjuangan membela tanah air dimulai. Dan tidak lepas dari tiga hasil yang didapatkan, menang, kelah dan seri. Tergantung penjiwaan dari lagu kebangsaan, sebagai pencitraan dari rasa cinta tanah air.

Indonesia Raya adalah lagu kebangsaan yang menjadi kebanggan bangsa ini. Di dalamnya terdapat nilai-nilai perjuangan, tanda pengorbanan para pahlawan pembela bangsa ini. Kapan ya Indonesia Raya dikumandangkan di piala dunia?

Miftah Farid Cjf

Baju Kopral

Post Serupa

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on google
Google+
Share on telegram
Telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *