Remaja Dengan Pola Pikir Keluarga Bahagia

•Apa Itu Keluarga

Keluarga merupakan lingkungan sosial yang sangat dekat hubungannya dengan seseorang. Dalam keluarga itu seseorang dibesarkan, bertempat tinggal, berinteraksi satu dengan yang lain, dibentuknya nilai-nilai, pola pemikiran dan kebiasaannya juga berfungsi sebagai saksi segenap budaya luar dan mediasi hubungan anak dengan lingkungannya (Bussard dan Ball, 1996)

•Pentingkah Keluarga Bagi Remaja Di Era Kemoderenan

Dunia berkembang dengan pesat, banyak sekali hal baru yang dipelajari seorang anak sesuai dengan zamannnya. Di sini peran keluarga sangat dibutuhkan, bukan sekedar ayah bekerja mencari materi dan ibu memasak makanan bergizi, tapi saling peduli dan berinteraksi dalam keluargalah yang menjadi kunci tatanan prilaku remaja terutama pada perkembangan remaja masa kini.

•Apakah Keluarga Berperan dalam Pembentukan Karakter Remaja

 Anggota keluarga terutama orang tua adalah salah satu tokoh yang menjadi pigur dalam berinteraksi. Selain itu, beberapa penelitian menegaskan akan pentingnya peran keluarga terhadap perkembangan jiwa anak serta keberhasilan pendidikan anak dengan berbagai kondisi anak itu sendiri.

Berikut Beberapa Aspek Penting dari Peran Keluarga dalam Pendidikan dan Pembentukan Karakter Anggota Keluarga:

• Keharmonisan keluarga

• Apresiasi terhadap karya anak

• Peka saat salah satu anggota keluarga membutuhkan sesuatu

• Menemani anak saat menonton TV

• Saling membantu dalam pekerjaan rumah

• Kumpul keluarga sambil berbincang-bincang dengan santai

• Saling mendukung satu sama lain.

 Kesadaran pentingnya menjalin hubungan baik dengan keluarga akan meningkatkan pengetahuan terhadap proses sosial, ekonomi dan demografi tiap keluarga. Nyatanya seorang anak tanpa bimbingan keluarga hanya melibatkan kebebasan, seperti pergaulan bebas, pemakaian narkoba, bahkan kebiasaan melihat vidio porno merajalela. Keluarga adalah inti dari awal tumbuhnya diri, dari mulai prilaku, tatakrama, bahkan akhlak yang ditirukan.

          Maka dari itu, penting sekali bagi para orang tua menanamkan pribadi yang bisa membanggakan negara dan agama. Mencetak generasi penerus yang bisa menjadikan Indonesia sebagai negara yang berwibawa. Menciptakan para pelajar yang bisa menjadikan pendidikan, ekonomi, militer, dan segala aspek kehidupan bisa menjadi lebih baik.

Salam pelajar!

Post Serupa

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on google
Google+
Share on telegram
Telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *