Samuh Bahasa dan Sastra #1

42 sec read

ALIH WAHANA PUISI MENJADI LAGU

Redaksi MataPeajar.com | Mata Pelajar Indonesia bekerja sama dengan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Padjadjaran dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Ciamis menggelar Samuh Bahasa dan Sastra (SBS) Bagian Pertama (#1) pada Rabu (22,08,2022) dengan tema “Alih Wahana Puisi Menjadi Lagu”.

SBS #1 yang digelar di Aula SMPN 1 Ciamis mulai pukul 10.00 sampai dengan 12.00 WIB bersamaan dengan kegiatan Festival Literasi Sekolah Tingkat Kabupaten Ciamis yang dihadiri oleh perwakilan guru dan siswa SMP se-Kabupaten Ciamis.

Dalam kesempatan tersebut hadir narasumber Dr. (Cant.) Baban Banita, M. Hum. dari Prodi Sastra Indonesia Unpad yang mempresentasikan materi Aspek Musikalitas Puisi dan Dr. M. Irfan Hidayatullah, M. Hum. dari Forum Lingkar Pena (FLP) yang mempresentasikan materi Aspek Kepuitisan Lirik Lagu. Sementara itu, Duddy R.S. dari kapol.id memandu jalannya persamuhan.

Peserta antusias mengikuti persamuhan karena tidak hanya presentasi makalah saja yang diberikikan, melainkan juga praktik langsung menggubah puisi menjadi lagu. Dalam kesempatan tersebut, Irfan membeberkan bagaimana puisi yang telah diterbitkan dalam buku kumpulan puisi Mendaras/Komposisi/Senja yang diterbitkan Mata Pelajar Indonesia.

Bagi yang tidak berkesempatan memirsa langsung SBS #1, Mata Pelajar Indonesia membagikan dokumen videonya pada tautan berikut ini: https://web.facebook.com/matapelajar/videos/5116666528429918.

Reporter: SS

Penyunting: NME

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.